Ad Code

Profil Negara Bolivia


Negara Bolivia atau secara resmi bernama Plurinasional Bolivia adalah sebuah negara yang berada di Amerika Selatan. Republik Bolivia terletak di wilayah pegunungan Andes. Negara bekas wilayah kolonial Spanyol ini sudah berganti nama menjadi negara plurinasional Bolivia sejak tahun 2009 karena Bolivia mempunyai banyak kelompok nasional atau kelompok masyarakat.

Bolivia adalah Negara dengan sistem pemerintahan Republik presidensial yang mempunyai dua ibukota yaitu kota Sucre yang berfungsi sebagai ibukota konstitusional dan kota La Paz yang merupakan ibukota eksekutif dan juga menjadi pusat pemerintahannya.

Secara geografis, Bolivia berbatasan dengan :

• Utara : Brasil

• Selatan : Paraguay dan Argentina

• Barat : Chili dan Peru

• Timur : Brasil

Profil Negara Bolivia

Nama

Bolivia

Nama resmi

Negara Plurinasional Bolivia

Bentuk pemerintahan

Republik Presidensil

Ibu kota

Sucre

Semboyan

¡La unión es la fuerza!

 

(Spanyol: "Persatuan adalah kekuatan!")

Lagu kebangsaan

Himno Nacional de Bolivia

Sistem pemerintaha

Presidensial

Kemerdekaan

6 Agustus 1825

Kepala Negara

Presiden

Kepala Pemerintahan

Presiden

Badan Legislatif

Majelis Legislatif Plurinasional

 

(Cámara de Senadore + Cámara de Diputados)

Bahasa Nasional

Spanyol, Quechua, Aymara, dan Guarani

Agama

Katolik Roma

 

Kristen

 

Baha'i

Mata uang

Boliviano (Bs.) (BOB)

Zona Waktu

Waktu Bolivia (BOT) (UTC-4)

Kode Telepon

591

Domain

.bo

Pembagian Administratif

Menurut ketetapan Konstitusi Politik Bolivia, Hukum Otonomi dan Desentralisasi mengatur prosedur untuk penjabaran Statuta Otonomi, transfer dan distribusi kompetensi langsung antara pemerintah pusat dan entitas otonom.

Ada empat tingkat desentralisasi, yakni :

1. Pemerintah departemen, yang dibentuk oleh Majelis Departemen, dengan hak-hak atas undang-undang departemen. Gubernur dipilih oleh hak pilih universal.

2. Pemerintah kotamadya, dibentuk oleh Dewan Kota, dengan hak-hak atas undang-undang kotamadya. Walikota dipilih oleh hak pilih universal.

3. Pemerintah daerah, dibentuk dari beberapa provinsi atau kotamadya kontinuitas geografis dalam suatu departemen. Ini dibentuk oleh Majelis Regional.

4. Pemerintah pribumi asli di wilayah kuno tempat mereka tinggal.

Berikut daftar sembilan departemen yang ada di Bolivia :

No.

Departemen

1

Pando

2

La Paz

3

Beni

4

Oruro

5

Cochabamba

6

Santa Cruz

7

Potosi

8

Chuquisaca

9

Tarija

Geografi

Bolivia terhimpit daratan negara lain Amerika Selatan. Letak astronomis Negara Plurinasional Bolivia adalah di antara 57°26’BB hingga 69°38’BB dan 9°38’LS hingga 22°53’LS. Luas wilayah negara Bolivia 1.098.581 km², menjadikannya negara terluas ke-28 di dunia dan kelima di Amerika Selatan. Pusat geografis Bolivia terletak di Puerto Estrella (“Pelabuhan Bintang”) di Río Grande, di Provinsi Ñuflo de Chávez, Departemen Santa Cruz.

Bolivia memiliki ketinggian rata-rata 1.192 m di atas permukaan laut. Iklimnya bervariasi tergantung pada ketinggian, dari lembab dan tropis di ketinggian rendah hingga dingin dan semi kering di ketinggian tinggi. Medannya terdiri dari Pegunungan Andes yang terjal dengan dataran tinggi.

Secara fisiografik, Bolivia terbagi menjadi tiga wilayah, yakni :

1. Wilayah Andes

Berlokasi di barat daya dan mencakup sekitar 28% wilayah nasional. Terbentang lebih dari 307.603 km persegi, ketinggian di atas 3.000 meter, berada di antara dua rantai besar Andes (Cordillera Occidental dan Cordillera Central).

2. Wilayah Sub-Andes

Berada di bagian tengah dan selatan Bolivia, menjadi wilayah perantara antara Ilanos Timur dan Altiplano, membentang sejauh 142.815 km, mencangkup 13% dari daratan Bolivia, meliputi lembah Bolivia dan wilayah Yungas.

3. Wilayah Ilanos

Lokasinya berada di timur laut, terdiri atas 59% wilayah nasional, memiliki luas wilayah mencapai 648.163 km persegi, terletak di sebelah utara Cordillera Central, membentang dari kaki bukit Andes hingga Sungai Paraguay. Wilayah ini berada di bawah 400 meter dari permukaan air laut.

Iklim Bolivia sangat bervariasi, mulai dari iklim tropis di Ilanos Timur hingga iklim kutub pada bagian barat Andes. Hal ini disebabkan hujan yang sering mengubah suhu, kelembaban, tekanan atmosfer, angin, dan penguapan.

Bendera Bolivia


Demikian mengenai negara Bolivia. Kamu juga dapat mengetahui ayat seribu dinar, semoga ulasan kali ini menambah pengetahuan kamu.

Posting Komentar

0 Komentar