Ad Code

Hidangan Khas Negara Kolombia yang Wajib Dicoba

Kolombia merupakan salah satu negara yang terletak di Amerika Selatan yang memiliki aneka kuliner lezat. Negara ini dianggap sebagai salah satu negara yang paling beragam secara logistic maupun etnis dengan warisan budaya dan pengaruh pribuminya yang kaya.

Wilayah Kolombia terdiri dari padang rumput tropis, hutan Amazon yang penuh dengan kehidupan yang belum sepenuhnya ditemukan, serta garis pantai Pasifik dan Karibia yang memukau.

Kamu mungkin dapat dengan mudah menemukan restoran Italia, Cina, India, dan Prancis di kota-kota seluruh dunia. Akan tetapi, anda akan sulit menemukan restoran yang menyediakan masakan Kolombia di luar Kolombia.

Kuliner Kolombia bervariasi secara regional dan dipengaruhi oleh masakan Afrika, Arab, Spanyol, dan beberapa masakan Asia.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa mengetahui agama deva mahenra, aktor muda asal Indonesia. Untuk lebih mengetahui tentang masakan khas negara Kolombia, simak penjelasannya berikut ini.

• Sop Mondongo


Hidangan ini tersedia di sebagian besar restoran tradisional Kolombia. Sup Mondongo terbuat dari babat yang dipotong-potong dadu dan dimasak lambat dengan menambahkan kaldu ayam atau sapi, daun ketumbar, serta berbagai sayuran seperti kacang polong, bawang, dan wortel.

Sop Mondongo merupakan hidangan yang lezat dan terkadang merupakan hidangan sup dalam makanan almuerzo atau makan siang tradisional di Kolombia. Anda dapat menemukan hidangan lezat ini di banyak restoran Kolombia di Medellin.

• Sup Ajiaco


Sup ajiaco merupakan sup ayam dengan campuran kentang Kolombia yang biasa disajikan dengan jagung rebus, caper, alpukat cincang, dank rim asam. Bahan terpenting dalam ajiaco adalag guasca, yang merupakan ramuan yang ditanam di seluruh Amerika Selatan.

Hidangan ini mungkin adalah hidangan Bogotá yang paling representatif. Selain itu, Ajiaco memiliki rasa yang sangat berbeda dan Anda dapat menemukannya di kota mana saja di Kolombia.

• Arepas


Arepas merupakan salah satu jenis hidangan khas Kolombia sekaligus makanan pokok disana. Makanan ini adalah pendamping yang umum untuk hidangan lainnya dan juga dimakan secara terpisah. Di banyak restoran di Kolombia, biasanya akan disajikan dengan versi jagung putih lembut sebagai pendamping hidangan lezat ini.

Arepas pada dasarnya merupakan jenis roti yang dibuat dari tepung jagung dan biasanya disajikan dengan mentega dan keju. Selain itu, anda juga dapat menemukan arepas di setiap took grosir di Medellin.

• Empanada


Empanada merupakan cemilan yang berukuran kecil yang biasanya diisi dengan daging sapi cincang dan kentang yang dipotong dadu dan dibungkus dengan roti pucat tepung jagung. Di Kolombia, makanan ini biasanya dihidangkan dengan cara digoreng.

Akan tetapi, beberapa tempat menawarkan dengan versi berbeda yaitu dengan cara dipanggang. Yang menjadi pembedanya adalah, empanda di Argentina terbungkus tepung dan dipanggang. Banyak variasi empanda lainnya yang dapat ditemukan di Kolombia, termasuk versi vegetarian, ayam, dan keju.

Hidangan ini banyak tersedia dimana-mana, terutama di pedagang kaki lima di Kolombia. Selain itu, ad banyak restoran atau warung empanda kecil di banyak mall yang menyajikan makanan ini. Empanda adalah cemilan jajanan Kolombia yang dapat ditemukan dengan mudah.

• Lechona


Hidangan khas Kolombia yang satu ini merupakan hidangan yang paling populer untuk pesta besar. Lechona merupakan makanan tradisional Kolombia dari Departemen Tolima di Kolombia Tengah. Akan tetapi, hidangan dapat ditemukan di seluruh Kolombia.

Selain itu, lechona sangat populer di Kolombia menjelang hari libur seperti libur natal, tahun baru, dan hari kemerdekaan Kolombia. Lechona merupakan babi yang dipanggang dan diisi denganberbagai bahan. Babi dipotong dan dibuat terbuka dengan menghilangkan tulang-tulangnya. 

Didalam rongga tubuh tersebut biasanya ditempatkan bumbu seperti nasi, kacang polong, bawang merah dan rempah-rempah bersama dengan daging babi yang dipotong kecil-kecil. Lechona dimasak selama beberapa jam dalam oven besar. Atau bisa juga dimasak di luar ruangan. Lechona biasanya disertai dengan arepas atau kentang.

Nah, itulah tadi 5 makanan khas Negara Kolombia yang unik dan sangat menarik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi seluruh pembaca.

Posting Komentar

0 Komentar