Ad Code

Beberapa Hewan yang Berasal dari Negara Amerika Serikat


Amerika Utara memiliki cakupan area seluas 24.230.000 kilometer persegi. Titik tertingginya ialah Gunung Denali (dulunya bernama McKinley) di Alaska yang menjulang hingga 6.190 meter di atas permukaan laut. Sedangkan, titik terendahnya adalah Death Valley di California yang letaknya 86 meter di bawah permukaan laut.

Selain itu, Amerika Utara memiliki beragam fauna khas, mulai dari reptil, burung (aves), serangga (insecta), hingga mamalia. Berikut ini contohnya!

1. Alligator Amerika

Hewan bernama latin Alligator mississippiensis ini menghuni rawa-rawa, sungai air tawar, dan danau di bagian tenggara Amerika Serikat (AS), terutama Louisiana dan Florida. Panjangnya 3 meter sampai 4,6 meter untuk jantan dan 2,6 meter untuk betina. Berat rata-rata sekitar 360 kilogram, namun bisa mencapai 450 kilogram!

Melansir National Geographic, makanan alami alligator Amerika adalah ikan, ular, kura-kura, dan mamalia kecil. Namun, mengingat sifatnya sebagai predator oportunis, mereka bisa makan apa saja saat lapar, termasuk bangkai, hewan peliharaan, bahkan manusia! FYI, mereka bisa hidup hingga 35-50 tahun di alam liar.

2. Monster gila

Walau namanya monster gila (Heloderma suspectum), kadal berbisa yang berasal dari barat daya AS dan barat laut Meksiko ini biasanya bergerak lambat. Mereka bisa tumbuh hingga 60 cm dengan berat 1,3-2,2 kilogram.

Mengingat sifatnya yang lamban, monster gila cenderung tidak berbahaya dan sangat jarang menjadi ancaman bagi manusia. Mengutip ThoughtCo, belum ada kematian manusia akibat gigitan monster gila sejak tahun 1939. Sayangnya, banyak orang yang terlanjur paranoid dan berujung membunuh monster gila yang mereka temui.

3. Titmouse berumbai

Selanjutnya adalah burung Titmouse berumbai (Baeolophus bicolor), burung kicau kecil asal Amerika Utara. Panjangnya sekitar 14-16 cm dengan berat 18-26 gram dan rentang sayap 20-26 cm. Burung ini mudah dikenali dari jambul abu-abu di atas kepalanya.

Makanan favoritnya adalah buah beri, biji-bijian, kacang-kacangan, buah kecil, serangga, hingga siput. Sayangnya, umur Titmouse berumbai cukup pendek, yaitu 2,1 tahun saja. Namun, berdasarkan penelitian berjudul "Survivorship in the Tufted Titmouse" oleh William H. Elder, diketahui bahwa burung ini bisa hidup lebih dari 10 tahun!

4. Kolibri berleher rubi

Ini adalah kolibri berleher rubi (Archilochus colubris), burung berparuh panjang dengan kepakan sayap 53 kali per detik! Mereka menghabiskan musim dingin di Amerika Tengah, Meksiko, atau Florida, lalu bermigrasi ke Kanada dan Amerika Utara di musim panas untuk berkembang biak.

Panjangnya sekitar 7-9 cm dengan berat 2-6 gram dan rentang sayap 8-11 cm. Panjang paruhnya 2 cm yang berbentuk lurus dan sangat ramping. Memang benar nektar bunga adalah makanan utamanya, tetapi mereka juga mengonsumsi artropoda kecil sebagai sumber protein, mineral, dan vitamin.

Fakta menarik lainnya adalah memiliki tingkat metabolisme tertinggi dengan detak jantung hingga 1.260 denyut per menit, laju pernapasan 250 kali per menit (bahkan saat istirahat), serta mengonsumsi oksigen 4 ml per gram berat tubuh per jam saat istirahat. Amazing!

Baca Juga: Profil dan Biodata Tristan Cabrera a.k.a YawiEcho, Yang Kena Kasus Perselingkuhan Antar Tim Lain

5. Kupu-kupu raja

Kupu-kupu raja (Danaus plexippus) alias monarch butterfly dianggap sebagai kupu-kupu Amerika Utara yang paling terkenal. Yang membuatnya mudah dikenali adalah pola hitam, oranye, dan putih pada sayapnya, dengan lebar sayap 8,9-10,2 cm.

Ulat kupu-kupu monarch sangat menyukai tanaman milkweed (dari genus Asclepias) untuk dimakan. Namun, milkweed sendiri adalah tanaman beracun. Melansir Henderson State University, racunnya yang bernama glikosida adalah pertahanannya supaya hewan tidak memakannya.

6. Berang-berang Amerika

Di sungai, mungkin kamu akan menemukan berang-berang Amerika Utara (Castor canadensis). Hewan ini merupakan satwa liar nasional yang menjadi simbol resmi Kanada serta merupakan mamalia resmi negara bagian New York dan Oregon.

Ini adalah hewan pengerat (rodent) terbesar di Amerika Utara dengan berat antara 11-32 kilogram dengan panjang kepala sampai tubuh 74-90 cm dan panjang ekor 20-35 cm. Hewan semiakuatik ini memiliki cakar depan untuk menggali, gigi untuk menggerogoti kulit kayu, serta ekor besar dan datar plus kaki belakang berselaput untuk membantunya berenang.

7. Rusa besar

Rusa besar (Alces alces) atau moose ialah salah satu hewan khas Amerika Utara. Ini adalah spesies terbesar dan terberat dalam keluarga rusa. Pejantan dewasa memiliki tanduk lebar yang khas, dijuluki palmate yang bentuknya seperti tangan terbuka. Ada pula yang tanduknya seperti ranting.

Biasanya, rusa besar tinggal di hutan boreal beriklim sedang di belahan bumi utara. Tinggi rata-rata rusa dewasa ialah 1,4-2,1 meter dari kaki hingga bahu. Berat rusa jantan (bull) sekitar 380-700 kilogram dan rusa betina (cow) 200-490 kilogram. Sedangkan, panjang kepala ke ujung tubuh adalah 2,4-3,1 meter dengan panjang ekor 5-12 cm.

8. Armadillo bergaris sembilan

Hewan bernama ilmiah Dasypus novemcinctus ini mempunyai banyak sebutan, mulai dari armadillo bergaris sembilan, armadillo sembilan pita, hingga armadillo hidung panjang. Cakupan persebarannya luas, yaitu dari Amerika Utara, Tengah, hingga Selatan.

Memiliki sifat soliter dan nokturnal (aktif pada malam hari), coba tebak apa makanan hewan ini? Yup, karena merupakan insektivora, makanannya adalah semut dan rayap. Mirip seperti trenggiling, ya?

Sebagai salah satu spesies armadillo terbesar, beratnya sekitar 2,5-6,5 kilogram, bahkan ada yang mencapai 10 kilogram! Sedangkan, panjang kepala ke tubuh adalah 38-58 cm dengan panjang ekor 26-53 cm. Berbeda dengan saudaranya, armadillo sembilan pita tidak bisa menggulung tubuhnya menjadi bola untuk melindungi dirinya dari pemangsa.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Blue Glaucus Atau BlueDragon

9. Karibu

Karibu (Rangifer tarandus) adalah hewan khas Amerika Utara, yang masih berkerabat dengan rusa kutub (reindeer) yang berasal dari Eropa utara dan Asia. Tingginya sekitar 4-5 kaki (120-150 cm) dari kaki hingga bahu dan beratnya antara 108-317 kilogram.

Hewan ini sering dimanfaatkan untuk menarik kereta luncur salju (sledge), khususnya karibu yang sudah dijinakkan dan didomestikasi. Sedihnya, karibu rentan terhadap kepunahan. Perubahan iklim adalah ancaman nyata karena saat suhu menghangat, penyakit dan parasit bisa menyebar lebih cepat dalam kawanan, dilansir National Geographic.

10. Serigala kutub

Berikutnya adalah serigala Arktik (Canis lupus arctos) yang juga dijuluki sebagai serigala putih atau serigala kutub. Ini merupakan hewan asli Kepulauan Queen Elizabeth Kanada, dari Pulau Melville hingga Pulau Ellesmere.

Di habitat aslinya, serigala kutub memangsa kelinci Arktik dan muskox (hewan besar mirip bison). Namun, mereka kerap dijumpai memakan karibu, burung, lemming (hewan pengerat kecil), rubah Arktik, dan terkadang bangkai hewan. Meski liar, serigala kutub cenderung tidak takut pada manusia, lho!

11. Ferret berkaki hitam

Ferret berkaki hitam (Mustela nigripes) merupakan salah satu mamalia paling terancam punah di Amerika Utara sekaligus satu-satunya spesies ferret asli benua itu. Mengutip World Wildlife Fund (WWF), jumlahnya di alam liar hanya sekitar 370 ekor.

Hewan ini cenderung soliter dan nokturnal. Hampir 90 persen makanannya adalah prairie dogs, hewan pengerat dan penggali dari genus Cynomys. Populasi ferret berkaki hitam menurun drastis akibat wabah sylvatic dan penurunan populasi prairie dogs.

12. Beruang cokelat

Dan yang terakhir adalah beruang cokelat (Ursus arctos), beruang besar yang ditemukan di Amerika Utara dan seluruh Eurasia. Memiliki nama lain beruang grizzly, panjang kepala dan tubuhnya sekitar 1,4-2,8 meter dengan tinggi dari kaki ke bahu 70-153 cm, serta panjang ekor 6-22 cm.

Saat berdiri, tingginya mencapai 9 kaki atau 2,7 meter! Berat rata-rata pejantan sekitar 180 kilogram, sedangkan betina hanya 135 kilogram. Melansir ThoughtCo, beruang cokelat bisa berlari dengan kecepatan maksimal 56 kilometer per jam!

Selain itu, kekuatan gigitan beruang cokelat mencapai 975 pounds per square inch (psi) dan bisa memecahkan tengkorak dengan mudah! Cakar yang panjangnya 3-5 inci (7,6-12,7 cm) pun tak kalah mematikan.

Nah, itulah sederetan hewan-hewan khas Amerika Utara yang perlu kamu ketahui. Dari sekian banyak, mana hewan favoritmu?

Posting Komentar

0 Komentar