Ad Code

Daftar Sungai Terpanjang di Benua Amerika

 

Daftar Sungai Terpanjang di Benua Amerika

Sungai terpanjang di Amerika merupakan pengetahui yang jarang diketahui orang. Salah satu sungai terpanjang di Amerika adalah sungai Amazon. Selain menjadi sungai terpanjang, sungai Amazon juga dinobatkan sebagai sungat terbesar di dunia.

Benua Amerika merupakan sebuah daratan yang memiliki wilayah terbesar kedua setelah benua Asia. selain sungai Amazon yang terkenal didunia, ada beberapa sungai terpanjang yang terbentang di Benua Amerika.

Apa saja Sungai Terpanjang di Benua Amerika? Tapi sebelum kamu melanjutkan membaca artikel ini, kamu dapat sembari mendengarkan musik atau lagu chord satu rasa cinta untuk menemani kamu. Berikut akan kami jawab pada ulasan dibawah ini. yuk simak sampai habis.

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon


Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang menjadi sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil. Sungai ini mengalir mulai dari Rio Mantaro, Peru dan bermuara pada Samudra Atlantik.

Selain Peru, Sungai Amazon juga melewati Negara bagian selatan Amerika seperti Brasil, Ekuador, Kolombia dan Bolivia. Hasil penelitian beberapa ilmuwan pada tahun 2009 sungai Amazon memiliki panjang sekitar 6.575 Km.

Kawasan sungai Amazon menjadi habitat berbagai flora dan fauna yang sangat kaya akan berbagai keanekaragaman hayati. Salah satu hewan terkenal didunia yang berasal dari Sungai terpanjang di dunia Amerika ini adalah ikan Piranha.

2. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi


Sungai terpanjang di Benua Amerika selanjutnya adalah sungai Mississippi yang terletak di Amerika Utara. Diketahui sungai ini memiliki panjang 3.734 Km. asal usul nama sungai Mississipi diambil dari nama penduduk asli Amerika yang artinya “Bapak Air”.

Sungai yang terdapat di benua Amerika ini menjadi salah satu ikon Amerika Serikat. Sungai ini juga menjadi batitat tumbuhan dan hewan, mulai dari kerang, ikan dan beberapa jenis amfibi lainnya hidup di sungai terbesar di Benua Amerika ini.

3. Sungai Yukon

Sungai Yukon

Sungai Yukon yang jarang diketahui orang menjadi sungai yang terdapat di benua Amerika. Sungai Yukon memiliki panjang 3.190 KM. sungai terpanjang di benua Amerika adalah bersumber dari Provinsi British Colombia dan bermuara di kanada.

Sungai ini mengalir dari Alaska dan memiliki keindahan yang seru sehingga sungai ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata. Dalam bahasa lokal suku Athabasca, Sungai Yukon dikenal sebagai sungai Uug Han.

Sungai ini dimanfaatkan masyarakat aliran sungai sebagai sumber mata pencaharian untuk berburu ikan salmon yang dijadikan sumber protein dan energy untuk suku Inuti dan Athabasca yang bermukim disekitar sungai.

4. Sungai Rio Grande

Sungai Rio Grande


Sungai yang terdapat di dunia Amerika berikut ini berada wi wilayah Barat Daya dan Meksiko Utara. Sungai Rio Grande memiliki panjang sekitar 3.051 Km. Sungai ini menjadi pembatas antara Texas dan Negara bagian Meksiko Chihuahua, Coahuila dan Nuevo Leon.

Selain fungsi perbatasan, sungai Rio Grande juga sering dijadikan sebagai tempat kabur para imigran dari Amerika Serikat ke Meksiko atau juga sebaliknya. Sungai Rio Grande adalah salah satu dari 19 Great Waters yang diakui oleh Merica’s Great Waters Coalition.

5. Sungai Missouri

Sungai Missouri

Sungai Terpanjang di dunia Amerika berikut ini adalah Sunggai Missouri. Sungai ini memiliki panjang sekitar 3.768 Km. Sungai Missouri menjadi salah satu anak sungai dari sungai yang terdapat di benua Amerika, Sungai Mississippi.

Nah itu lah tadi beberapa daftar sungai terpanjang yang ada di Benua Amerika dan sungai populer yang terkenal di masyarakat. Sungai terpanjang ini sering menjadi salah satu lokasi wisata dan syuting sebagai film Hollywood.

Posting Komentar

4 Komentar