Ad Code

Jam Berapa sekarang di Amerika?

 

Jam Berapa sekarang di Amerika?


Menurut Teori Heliosentris terjadinya siang dan malam karena adanya perputaran bumi para porosnya. Perputaran bumi ini menyebabkan adanya efek gerakan semu matahari, di mana seakan-akan matahri bergerak dari timur ke barat.

Bumi merupakan sebuah benda langit yang berbentuk seperti bola. Di mana saat pergerakannya secara astronomis bumi selalu berputar pada porosnya selama rentang waktu 23.54 jam setiap harinya (digenapkan menjadi 24 jam).

Pergerakan secara astronomis ini mengakibatkan terjadinya fenomena alam pergantian siang dana malam dan terjadinya perbedaan waktu. Banyak orang yang mempertanyakan saat ini di Amerika jam berapa.

Untuk mengetahui jawaban pada pertanyaan “sekarang jam berapa di Amerika?”, berikut informasi perbedan waktu antara Indonesia dan Amerika dibawah ini.

Zona Waktu Amerika

Jam Berapa sekarang di Amerika?

Amerika Serikat dan wilahnya dibagi menjadi Sembilan zona waktu menurut hukum. Namun, ada dua zona waktu tambahan tetapi zona ini tidak resmi. Hal ini karena wilayah AS banyak terdapat di berbagai belahan dunia lainnya. Seperti ada Hawaii di Pasifik, Alaska di Barat Kanada, Samoa Amerika dan sebagainya.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan ini, kamu sebaiknya sembari mendengarkan lagu chord dermaga biru. Langsung saja mari kita bahas.

Zona Waktu di Indonesia

Jam Berapa sekarang di Amerika?

Negara Indonesia terbagi atas tiga, yaitu Indonesia Bagian Barat (WIB), Indonesia Bagian Tengah (WITA) dan Indonesia Bagian Timur (WIT). Berikut pembagian wilayah Indonesia berdasarkan zona waktu:

1. WIB : Kepulauan Sumatera, Kepulauan Jawa dan Sebagian Kalimantan (Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah)

2. WITA : sebagai Kalimantan (Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara). Kepulauan Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

3. WIT : Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat

Jam Berapa Sekarang di Amerika?

Selisih perbedaan waktu antara Indonesia dan Amerika terbilang cukup lama, yaitu 12 jam. Misalnya saja di Indonesia saat ini menunjukkan waktu jam 10 malam maka di Amerika saat ini masih jam 10 pagi dengan waktu hari yang sama.

Dalam hal ini Indonesia 12 jam lebih cepat jika dibandingkan waktu dengan di Amerika. Berikut ini gambaran perbedaan waktu antara Indonesia dan Amerika, yaitu:

Indonesia Amerika
01.00 pagi/senin 01.00 siang/minggu
06.00 pagi/senin 06.00 petang/minggu
12.00 siang/senin 12.00 tengah/malam
03.00 siang/senin 03.00 pagi/senin
06.00 petang/senin 06.00 pagi/senin
09.00 malam/senin 09.00 pagi/senin

Di Amerika sekarang jam berapa? Untuk memahami jawaban atas pertanyaan tersebut, kami akan menjelaskan berdasarkan zona waktu.

EST (Eastern Standard Time)

Amerika dengan zona waktu EST adalah dilokasi daerah pantai bagian timur. Perbedaan zona waktu EST dan Indonesia adalah sekitar 12-14 jam. Maka perhitungan jam berapa di Amerika sekarang bisa dikalkulasikan dengan rentan perbedaan zona waktu ini:

  • Jam berapa sekarang di Amerika EST dengan WIB adalah selisih 12 jam
  • Jam berapa sekarang di Amerika EST dengan WITA adalah selisih 13 jam
  • Di Amerika sekarang ham berapa EST dengan WIT adalah selisih 14 jam

CST (Central Standard Time)

Amerika dengan zona waktu CST adalah dilokasi daerah bagian teluk Meksiko. Perbedaan waktu zona CST dan Indonesia sekitar 13-15 jam. Maka perhitungan jam berapa di Amerika sekarang bisa dikalkulasikan dengan rentan perbedaan zona waktu ini:

  • Saat ini di Amerika Jam berapa, CST dengan WIB adalah selisih 13 jam
  • Sekarang jam berapa di Amerika CST dengan WITA adalah selisih 14 jam
  • Jam berapa di Amerika sekarang CST dengan WIT adalah selisih 15 jam

MST (Mountain Standart Time)

Amerika dengan zona waktu MST adalah dilokasi daerah bagian sekitaran pegunungan Rocky. Perbedaan waktu zona MST dan Indonesia sekitar 14-16 jam. Maka perhitungan jam berapa di Amerika sekarang bisa dikalkulasikan dengan rentan perbedaan zona waktu ini:

  • Sekarang Jam berapa di Amerika MST dengan WIB adalah selisih 14 jam
  • Ok Google Jam berapa sekarang di Amerika MST dengan WITA adalah selisih 15 jam
  • Jam berapadi Amerika sekrang MST dengan WIT adalah selisih 16 jam

PST (Pasific Standard Time)

Amerika dengan zona waktu PST adalah dilokasi daerah bagian daerah Samudra Pasifik dan Nevada. Perbedaan waktu zona PST dan Indonesia sekitar 15-17 jam. Maka perhitungan jam berapa di Amerika sekarang bisa dikalkulasikan dengan rentan perbedaan zona waktu ini:

  • Sekarang jam berapa di Amerika PST dengan WIB adalah selisih 15 jam.
  • Di Amerika sekarang jam berapa PST dengan WITA adalah selisih 16 jam.
  • Ok Google Jam berapa sekarang di Amerika PST dengan WIT adalah selisih 17 jam.

Sekilas informasi mengenai perbedaan jam atau waktu antara Amerika dan Indonesia. Jadi ketika kamu akan melancong dari Indonesia ke Amerika, kamu akan mengalami perubahan waktu yang drastis.

Posting Komentar

2 Komentar