Ad Code

Gunung Tertinggi di Amerika Serikat, Lengkap dengan Ketinggiannya

 


Gunung adalah bagian dari bentang alam yang berbentuk tanah tinggi dan menjulang dari permukaan bumi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanah yang menjulang ini disebut dengan gunung apabila memiliki ketinggian di atas 600 meter dari permukaan laut.

Di atas Bumi terdapat gunung yang masih aktif dan yang sudah tidak aktif. Banyak gunung besar dan tinggi yang ada di permukaan Bumi. Setiap benua memiliki gunung-gunung tertinggi, misalnya saja Benua Asia dengan Gunung Everest dan Benua Eropa dengan Gunung Elbrus.

Lantas, gunung apa yang tertinggi di Benua Amerika? Berikut ini Amerikazona sudah menyiapkan informasi daftar gunung tertinggi di Amerika Serikat yang perlu Anda ketahui. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Gunung Aconcagua (6.962 meter)

Gunung tertinggi di Amerika Serikat pertama bernama Aconcagua. Gunung ini sekaligus menjadi gunung terbesar di Benua Amerika. Terletak di Argentina, sebuah negara Amerika Latin yang terletak di benua Amerika bagian selatan.

Gunung Aconcagua merupakan bagian dari jajaran pegunungan Andes yang berupa rangkaian pegunungan terpanjang di dunia. Berada diperbatasan negara Chili, tepatnya berlokasi di Provinsi Mendoza. Ketinggiannya mencapai 6.962 atau sekitar 22.834 kaki.

2. Gunung Denali (6.190 meter)

Gunung Denali atau disebut juga dengan Gunung McKinley. Tanah yang menjunlang ini menjadi gunung tertinggi di Amerika Utara dan menjadi salah satu gunung yang menyusun rangkaian pegunungan Alaska dan penanda dari hamparan Taman Nasional Denali.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 6.190 meter dari permukaan laut atau sekitar 20.237 kaki. Nama gunung Denali diberikan atas pemberian dari suku Athabaska di Amerika Utara. Gunung ini menjadi gunung tinggi yang terkenal di seluruh dunia.

3. Gunung Logan (5.959 meter)

Gunung Logan adalah gunung yang paling tinggi di negara Kanada dan sekaligus menjadi gunung tertinggi ketiga di Benua Amerika. Ketinggiannya mencapai 5.959 meter dari permukaan laut. Penamaan gunung logan diambil dari nama tokoh geologi yang terkenal di Kanada bernama lengkap William Edmond Logan.

Gunung ini menjadi bagian dari rangkaian pegunungan Saint Elias. Permukaan tanahnya dilingkupi oleh salju, sehingga para pendaki yang berniat naik gunung harus rentan dengan suhu rendah. Gunung ini pertama kali didaki pada tanggal 23 Juni 1925.

4. Gunung Orizaba (5.636 meter)

Gunung Orizaba atau yang dikenal dengan Pico de Orizaba adalah gunung berapi kerucut yang memiliki ketinggian 5.636 meter dari permukaan laut. Terletak di negara Meksiko dan merupakan gunung yang paling tinggi di negara ini.

Gunung ini pernah mengalami letusan terakhir pada tahun 1846 dan masih berpotensi untuk mengalami letusan vulkanik kembali pada waktu-waktu tertentu.

5. Gunung Saint Elias (5.489 meter)

Gunung tertinggi ke-5 di Amerik Serikat berikutnya berada dalam jajaran Pegunungan Saint Elias. Gunung ini dikenal sebagai Boundary Peak 186. Berada di perbatasan antara Yukon dan masuk dalam wilayah negara Kanada dengan Alaska bagian dari wilayah Amerika Serikat.

Gunung ini dibagi menjadi dua sisi utama. Pertama sisi yang menghadap ke negara Kanada adalah bagian dari Taman Nasional Kluane dan sisi gunung yang menghadap Amerika Serikat adalah bagian dari Taman Nasional Wrangell-Saint Elias.

6. Gunung Popacatepetl (5.426 meter)

Gunung tertinggi selanjutnya berada di Meksiko bernama Gunung Popocatepetl. Gunung berapi aktif ini masih dapat mengalami letusan dan mengeluarkan lahar. Terletak di wilayah Peubla dan Morelos dan termasuk jajaran gunung berapi aktif yang menyusun sabuk vulkanik Trans-Mexican.

Gunung ini diselimuti oleh gletser atau endapan salju yang membantu dalam kurun waktu tertentu. Namun, suhu di gunung Popocatepetl seringkali hangat akibat adanya aktivitas vulkanik di dalam perut gunung.

7. Gunung Foraker (5.304 meter)

Gunung Foraker berada di Alaska, sebuah negara bagian di Amerika Serikat. Gunung ini bagian dari Taman Nasional Denali, serta merupakan salah satu gunung yang paling terkenal dalam rangkaian Pegunungan Alaska Range.

Gunung ini menjadi gunung tertinggi kedua pada rangkaian Pegunungan Alaska Range. Memiliki ketinggian mencapai 5.304 meter dari permukaan laut.

Nah, itu daftar 7 gunung tertinggi di Amerika lengkap dengan ketinggiannya yang harus Anda ketahui. keberadaan gunung di atas Bumi menjadi salah satu wujud bentang alam dan bukti kekuasaan sang Pencipta.

Posting Komentar

0 Komentar