Ad Code

Profil Negara Barbados


Barbados merupakan negara kepulauan yang terletak di Karibia. Barbados resmi menjadi negara republik dan mencopot Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Negara ini memiliki garis pantai 97,00  km.

Ibukota negara Barbados adalah Bridgetown, yang merupakan kota terbesar di negara ini. Salah satu tokoh masyarakat yang terkenal dari negara Barbados adalah penyanyi Rihanna.

Barbados merupakan negara kepulauan yang berdaulat di Antilles Kecil Hindia Barat, wilayah Karibia Amerika Utara. Luas wilayah negaa Barbados adalah 432 km2. Negara yang memisahkan diri dari Inggris ini  terletak di daerah barat Atlantik Utara dan 100 km timur Kepulauan Windward.

Barbados sekitar 168 km timur Saint Lucia dan Saint Vincent dan Grenadines, 180 km tenggara Martinique, dan 400 km timur laut Trinidad dan Tobago.

Secara geografis, negara Barbados berbatasan dengan :

• Utara : Amerika Serikat

•  Selatan : Kuba

•  Barat : Amerika Serikat

•  Timur : Samudra Atlantik

Profil Negara Barbados

Nama : Barbados

Nama resmi : Barbados (Inggris)

Ibu kota : Bridgetown

Semboyan : Pride and Industry

                     (Inggris: "Harga Diri dan Industri")

Lagu kebangsaan : In Plenty and In Time of Need

Bentuk Pemerintahan : Monarki konstitusional

Sistem Pemerintahan : Konstitusional

Kemerdekaan : 30 November 1966

Kepala Negara : Ratu

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Badan Legislatif : Parlemen (Senate + House of Assembly)

Bahasa Nasional : Inggris

Agama : Kristen, Katolik Roma, Hindu, Islam, Bahá'í, Yahudi, Wicca

Mata Uang : Dolar Barbados (Bds$) (BBD)

Zona Waktu : Waktu Standar Atlantik (AST) (UTC-4)

Kode Telepon +1-246

Domain : .bb

Situs Resmi : https://www.gov.bb/

Jumlah Penduduk : 294.560 (estimasi Juli 2020)

Pembagian Administratif Barbados

Berikut 11 daftar paroki di Barbados, antara lain :

1. Christ Church

2. Saint Andrew

3. Saint Georg

4.  Saint James

5. Saint John

6. Saint Josep

7.  Saint Luc

8.  Saint Michael

9. Saint Peter

10. Saint Philip

11. Saint Thomas

St. Thomas dan St. George yang berada di tengah nagara merupakan paroki tanpa garis pantai.

Geografi

Secara geografis, negara Barbados terletak di Samudra Atlantik. Barbados merupakan pulau paling timur di Kepulauan Antilles Kecil. Negara ini relatif datar jika dibandingkan dengan kepulauan Windward. Titik tertinggi negara Barbados adalah Gunung Hillaby. Letak astronomis negara Barbados adalah di antara 13°03′ LU hingga 13°33′ LU dan 59°42′ BB hingga 59°65′ BB.

Demografi

Mayoritas etnis Barbados keturunan Afrika danEropa adalah Kristen (95%) dengan Anglikan sebagai denominasi terbesar (40%). Selain itu, agama lain yang dipeluk oleh penduduk Barbados adalah Hindu, Bahá’í, Islam, Yahudi, dan Wicca.

Denominasi Kristen lainnya dengan jumlah yang signifikan di Barbados adalag Gereja Katolik Roma, Pentakosta, Saksi-Saksi Yehuwa, Baptis Spiritual, dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Bahasa

Dirangkum dari situs Britania, sejak abad ke 17 hingga 1966, Barbados milik Inggris sepenuhnya. Hal tersebut menyebabkan budaya Barbados lebih kental dengan budaya Inggrisdibanding daerah lain di Kepulauan Karibia. Namun, unsur budaya Afrika dari mayoritas penduduk Barbados juga masih menonjol.

Tahun 1966, Barbados merdeka dari Inggris setelah Federasi Hindia Barat dibentuk. Kemerdekaan negara Barbados diakui oleh Inggris melalui pengesahan Barbados Independence Act tahun 1966. Undang-undang ini memberi Barbados status tanggungjawab penuh dalam persemakmuran Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi negara Barbados yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Dalam kapasitasnya sebagai bahasa resmi, standar bahasa Inggris cenderung menyesuaikan namun tidak persis sama dengan bahasa Ingrris pada umumnya.

Bahasa Kreol berbasis bahasa Inggris, Bajan, dituturkan oleh sebagian besar etnis Barbados. Bajan terdengar sangat berbeda dari bahasa Inggris standar yang digunakan di Barbados. Tingkat kejelasan Bajan dan bahasa Inggris pada umumnya tergantung pada tingkat kosakata dan idiomnya.

Bendera Negara Barbados



Posting Komentar

0 Komentar