Ad Code

Profil Negara Brasil


Negara Brasil adalah negara paling besar dan paling padat penduduknya di Amerika Selatan. Negara dengan nama lain Republik Federatif Brasil tersebut mengambil nama dari kayu brasil (Brazilwood) yang banyak tumbuh dan menjadi kayu lokal negara ini.

Awalnya, Brasil merupakan koloni Portugis, namun pada 7 September 1822 menjadi Kerajaan Brasil yang merdeka dan memisahkan diri dari Portugis. Saat itu dimana perbudakan sedang marak. 

Namun, di tanggal 15 November 1889 melalui pemberontakan yang mengakibatkan raja turun tahta dan kemudian Kerajaan Brasil berubah menjadi Republik Serikat. Sejak saat itu, perbudakan di negara ini dihapuskan.

Letak astronomis negara Brasil berada di antara garis lintang 6o LU dan 34o LS serta garis bujur 28o dan 74o BB. Negara ini berbatasan dengan :

• Utara : negara Venezuela, negara Guyana, negara Suriname, dan negara Guiana

• Timur : Samudera Atlantik

• Selatan : negara Argentina, negara Uruguay

• Barat : negara Paraguay, negara Bolivia, negara Peru, dan negara Kolombia.

Profil Negara Brasil

Nama : Brasil

Nama resmi : Republik Federasi Brasil

                         República Federativa do Brasil (Portugis)

                         Respublica Foederativa Brasiliae (Latin)

                         Federative Republic of Brazil (Inggris)

Ibu kota : Brasília

Semboyan : Ordem e Progresso

                      (Portugis: "Orde dan Kemajuan")

Lagu kebangsaan : Hino Nacional Brasileiro

                                  (Portugis: "Lagu Kebangsaan Brasil")

Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensial

Sistem Pemerintahan : Presidensial

Kemerdekaan : 7 September 1822

Kepala Negara : Presiden

Kepala Pemerintahan : Presiden

Badan Legislatif : Kongres Nasional (Senado Federal + Câmara dos Deputados)

Bahasa Nasional : Portugis

Agama : Katolik Roma, Kristen, Kardisisme spiritisme, Agama Afro-Brasil, Buddha, Yahudi, Islam, Agama Amerindian

Mata Uang : Real (R$) (BRL)

Zona Waktu : beragam (UTC−2 hingga −5)

Kode Telepon : +55

Domain : .br

Situs Resmi https://www.gov.br/pt-br

Jumlah Penduduk : 211.715.973 (estimasi Juli 2020)

Negara Brasil adalah engara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan pegunungan Andes dan Samudera Atlantik. Kondisi alam negara ini sangat beragam, mulai dari kawasan pesisir dekat samudera Atlantik, hutan Amazon di bagian Utara, dan terbuka ke arah Selatan dengan deretan bukit-bukit serta gunung kecil. Bagian selatan Brasil menjadi pusat populasi dan agrikultur.

Terdapat beberapa pegunungan yang berada di kawasan pesisir samudera Atlantik dengan ketinggian mencapai 2.900 meter. Puncak tertinggi negara ini berada di Pico da Neblina dengan ketinggian mencapai 2.994 meter.

Selain itu, negara Brasil mempunyai beberapa sungai seperti sunagi Amazon, sungai Iguacu, sungai Parana. Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang urutan kedua di dunia.

Pembagian Administratif

Republik Federasi Brasil terdiri atas 26 negara bagian, satu distrik federal, serta 5570 kotamadya. Negara-negara bagian tersebut memiliki otonomi terbatas dalam pembuatan undang-undang dibandingkan dengan yang terjadi di Amerika Serikat.

Negara-negara bagian dan distrik federal dikelompokkan menjadi : Utara, Timur Laut, Tengah-Barat, Tenggara, dan Selatan. Region Brasil tersebut hanya divisi geografis bukan divisi administratif. Meski didefenisikan oleh hukum, region Brasil berguna untuk keperluan statistik dan penentuan distribusi dana federal dalam proyek-proyek pembangunan.

Geografi

Brasil merupakan negara berdaulat di sepanjang pantai timur Amerika Selatan dan mencakup sebagian besar kawasan benua tersebut. Negara ini berbatasn dengan setiap negara di Amerika Serikat kecuali Ekuador dan Chili.

Brasil adalah negara terluas kelima di dunia dan ketiga terluas di Amerika. Luas wilayah negara Brasil adalah 8.515.767,049 km², termasuk perairan seluas 55.455 km². Sekitar 204,5 juta orang tinggal di negara ini berdasar sensus tahun 2017.

Republik Federasi Brasil terbagi dalam empat zona waktu, yakni :

• UTC -5: Negara bagian Acre dan bagian paling barat Amazonas

• UTC -4: Brasil bagian barat

• UTC -3: Brasil bagian timur (waktu nasional)

• UTC -3: Kepulauan di Samudera Atlantik.

Bendera Negara Brasil



Posting Komentar

0 Komentar