Ad Code

Mengenal Desain Rumah Khas Amerika Serikat yang Paling Populer

 

Hai sobat blog…

Setiap negara memiliki kekhasannya sendiri dalam menyajikan desain dan arsitektur rumah sebagai tempat tinggal, termasuk negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Desain rumah yang satu ini memang memiliki nilai modernisasi yang tinggi. Selain itu, gaya rumah ala Amerika terkesan simpel yang justru memiliki daya tarik tersendiri.

Dan seperti yang kita ketahui, desain yang simpel biasanya tak lekang oleh waktu dan bersifat universal dan netral. Oleh karena itu, desain rumah ala Amerika cocok diaplikasikan pada rentang waktu yang cukup lama.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mengenal desain rumah khas Amerika Serikat yang paling populer, simak penjelasan dibawah hingga tuntas ya!

Desain Rumah Khas Amerika Serikat yang Paling Populer

1. Gaya Amerika Klasik

Desain rumah khas Amerika yang pertama adalah bergaya klasik. Umumnya, gaya rumah klasik ini menggunakan dinding bata merah, desain fasad yang simetris, memiliki banyak jendela, dan menggunakan atap berjenis pelana. Hal ini membuatnya terkesan sederhana namun menarik. Bagaimana menurutmu?

2. Rumah ala Peternakan

Jika kamu senang menonton film-film Hollywood, tentu gaya rumah peternakan atau ranch tidak asing lagi kamu lihat. Rumah gaya Amerika yang satu ini sangat populer dan cukup diminati banyak orang.

Apalagi di tahun 1940-1980-an, ranch mendominasi desain hunian di bagian selatan dan barat Amerika. Rumah ini biasanya memiliki denah yang terbuka, garasi depan besar, pintu kaca, dan garis atap rendah.

3. Queen Anne

Masih identik dengan film horor, pasti kamu sering melihat rumah bergaya Queen Anne ini. Rumah ini memiliki desain yang klasik, namun tidak terbilang old fashion. Tidak hanya bangunannya, dekorasi interior dan furnitur yang digunakan biasanya juga bertema zaman klasik.

Desain rumah bergaya Queen Anne telah dikenal sejak masa perang saudara. Karena estetikanya yang menawan membuatnya tidak lekang oleh waktu. Bahkan banyak warga Amerika yang masih menggunakan rumah gaya Amerika klasik ini hingga sekarang.

Desain rumah yang satu ini memang cukup unik, rumah-rumah Queen Anne biasanya berwarna cukup cerah, berbentuk asimetris, serta memiliki atap yang bentuknya menyerupai benteng atau kastil.

4. Colonial Revival

Selanjutnya, desain rumah Amerika Serikat bergaya Colonial Revival. Desain rumah ini dianggap sangat bersejarah bagi masyarakat Amerika, sebab rumah ini meniru hunian sederhana para kolonis Amerika di masa penjajahan dulu.

Ciri khas dari rumah Colonial Revival adalah tampilan temboknya yang menggunakan batu-bata merah. Selain itu, bentukdari rumah ini sendiri simetris. Pintunya tinggi, dengan jendela yang berjejer simetris satu sama lain.

5. Craftsman Bungalow

Pernahkah kamu mendengar rumah dengan gaya Craftsman Bungalow? Dinamakan begitu karena gaya rumah tersebut muncul akibat adanya gerakan seni dan kerajinan pada awal 1900-an di Amerika. Gaya ini kental dengan elemen kerajinan tangan, seperti kayu, batu, dan bata.

Selain itu, rumah ini biasanya dibangun dengan dua tingkat, memiliki beranda depan, atap yang rendah, serta jendela ganda yang tergantung pada panel atas dan satu panel besar di bagian bawahnya.

6. Cape Cod

Cape Cod adalah rumah gaya Amerika yang cukup populer, sekaligus salah satu yang paling bersejarah dalam perkembangan gaya arsitektur Amerika. Pasalnya, gaya ini sudah ada sejak abad ke-17 silam.

Pada mulanya, gaya ini dibawa dan dipopulerkan oleh orang-orang Inggris yang ada di Amerika. Ciri khas rumah tersebut memiliki atap yang curam, cerobong sentral, serta jendela yang membingkai pintu depan.

7. Tudor Revival

Rumah bergaya Tudor Revival terinspirasi dari kisah sejarah ketika bangsa Tudor yang berasal dari Inggris datang ke Amerika. Oleh karena itu, desainnya mirip dengan rumah-rumah di Eropa pada zaman dulu.

Ciri khas dari rumah Tudor Revival adalah ornamen kayu yang keberadaannya sangat ditonjolkan. Selain itu, garis atapnya membentuk segitiga menyiku. Rumah dengan desain seperti ini banyak ditemukan pada tahun 1920 di daerah Timur Laut dan Midwest Amerika.

8. Townhouse

Siapa sih yang enggak tahu rumah gaya Amerika yang berikut ini? Townhouse bahkan menjadi salah satu ciri khas dari gaya arsitektur pemukiman masyarakat Amerika modern.

Gaya yang satu ini juga sering diaplikasikan pada perumahan-perumahan di Indonesia. Meski sudah ada sejak abad ke-19, townhouse masing bertahan hingga saat ini dan banyak ditemukan di kota-kota besar.

9. Midcentury Modern

Pernah berpikir, dari mana datangnya desain rumah minimalis modern? Bisa jadi rumah gaya Amerika yang berikut inilah yang menginspirasi lahirnya gaya arsitektur tersebut.

Diberi nama ‘Midcentury Modern,’ desain hunian ini memang sangat cocok disebut sebagai ‘moyangnya’ desain rumah minimalis modern. Selain tampilannya, desain ini sudah ada sejak tahun 1940-1950-an.

Ciri khas dari rumah tersebut adalah bentuk yang sangat estetika dan kompak, dengan ruang-ruang yang terbuka, penggunaan jendela kaca besar, memiliki garis geometris, dan sangat terintegrasi dengan alam.

10. Neoclassical

Jika kamu suka desain rumah yang megah, maka rumah gaya Amerika ‘Neoclassical’ sangat cocok untukmu. Neoclassical merupakan desain hunian yang terinspirasi dari arsitektur Yunani dan Romawi.

Dalam sejarah Amerika, rumah bergaya Neo Klasik sangat populer di kalangan orang kaya. Desain hunian ini terbagi menjadi 4 model, diantaranya yaitu Neo Elektik, Neo Victoria, Neo Traditional, serta Neo Mediteranian.

Daya tarik dari desain tersebut adalah adanya beranda depan yang luas, serambi yang tinggi, serta tiang-tiang besar sebagai penyanggah pada bagian depan rumah.

Nah, segitu dulu ya seputar informasi terkait desain rumah khas Amerika Serikat yang paling populer. Jadi, kamu suka desain yang mana nih?

Posting Komentar

0 Komentar