Ad Code

Berapa Banyak Penganut Agama Islam di Amerika Serikat?


 
Amerika Serikat (AS) merupakan negara adikuasa yang memiliki pengaruh penting di dunia. Negara yang memiliki luas 9,834 juta km² ini, dihuni oleh 331.002.651 jiwa.

Melihat kepadatan penduduknya ini, tentu banyak yang penasaran dengan agama yang dianut masyarakat sekitar. Apakah Amerika dihuni oleh penduduk mayoritas beragama Islam seperti Indonesia? Atau masyarakat Amerika mayoritasnya adalah Kristen?

Amerika merupakan negara yang menganut paham liberalisme atau paham yang mengkehendaki kebebasa. Namun masyarakat yang tinggal disana tetap mengakuim agama sebagai hal penting dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Karena menerapkan paham liberaslisme, pemerintahnya  tidak mengakui suatu agama tertentu sebagai agama resmi, namun kebebasan beragama berlaku bagi setiap penduduk Amerika.

Adapun agama mayoritas di Amerika adalah Kristen dan Katolik. Berdasarkan Survei Pew Research Center tahun 2019-20220, sekitar 43 persen masyarakat Amerika mangaku menganut agama Kristen Protestan, kemudian 19 persen adalah penganut Katolik. Besarnya populasi Kristen di negara ini menjadikan Amerika sebagai negara penganut Kristen Protestan terbesar di dunia.

Kemudian, untuk penganut Agama Yahudi hanya ada sekitar 2 persen di negara ini. Islam sekitar 1 persen, Hindu dan Budha juga dianut sekitar satu persen masyarakat.

Selain agama-agama di atas, cukup banyak juga penduduk AS yang mengeklaim dirinya tidak terikat dengan agama apapun. Untuk angkanya mencapai sekitar 28 persen.

Dari besaran tersebut, sekitar 4 persen memilih ateis, kemudian 5 persen memilih agnostik, serta 18 persen tidak memilih agama atau kepercayaan apapun.

Dari hasil riset diatas,  diketahui Islam termasuk agama minoritas di Amerika, berbeda dengan Indonesia yang kebanyakan warganya menganut agama ini.

Tempat Beribadah di Amerika

Sejalan dengan banyaknya penganut agama Kristen dan Katolik di Amerika, membuat di Amerika ada banyak gereja besar. Gereja-gereja tersebut tersebar di negara-negara bagian Amerika, dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Beberapa gereja di negara Paman Sam ini dibangun dengan arsitektur luar biasa, besar dan megah, seperti Katedral St. John the Divine yang teletak di Amsterdam Avenue dan 112th Street, lalu Gereja Lakewood yang terletak di Houston, Texas.

Kemudian Willow Creek Community Church (atau Willow Creek Church) adalah gereja Kharismatik  yang terletak di pinggiran Selatan Chicago Barrington, Illinois.

Selain gereja, di Amerika juga terdapat beberapa masjid, diantaranya Masjid Maryam di Chicago dan Masjid Kelompok Muslim Amerika Dearborn, Michigan.

Pemimpin Amerika Kebanyakan Kristen

Tingginya penganut Kristen di Amerika membuat oemimpin di negara ini memang beragama Kristen. Meskipun tergolong sebagai negara sekuler dan liberal, namun isu keagamaan dalam kehidupan sosial dan politik masyarakat AS masih memiliki peranan penting.

Masyarakat AS masih memandang agama berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, termasuk dalam memandang sosok pemimpinnya dalam membawa visi-misi dan kebijakan pemerintahan.

Tokoh-tokoh politik AS juga sering kali memanfaatkan isu agama saat kampanye. Mereka juga bergabung dalam suatu komunitas keagamaan atau gereja. Biasanya anggota komunitas gereja akan cenderung mendukung para politisi yang satu komunitas saat pemilihan umum.

David Masci, mantan penulis dan editor senior yang berfokus pada agama di Pew Research Center, dalam jurnalnya, menjelaskan Konstitusi AS memang tak mengatur ujian agama sebagai persyaratan untuk jabatan publik.

Namun, hampir semua Presiden AS beragama Kristen, meskipun berbeda aliran dan ajaran gereja.

Masci mengatakan, sebagian besar Presiden AS merupakan seorang yang mengikuti denominasi gereja Protestan Episkopal dan Presbiterian, termasuk Donald Trump yang merupakan seorang Presbiterian.

Posting Komentar

0 Komentar