Ad Code

Profil New York, Kota Terpadat Amerika yang jadi Pusat Mode dan Seni

 


Apa yang terlintas pertama kali dalam benakmu jika mendengar nama New York? Patung Liberty? Fashion Week? Atau justru wanita-wanita cantik?

New York merupakan kota terpadat di Amerika Serikat (AS), dengan jumlah populasi mencapai 8.622.698.

Kota ini merupakan pusat bisnis, budaya, hiburan, mode, penelitian, dan hiburan dunia. Semua yang ada di kota ini begitu menarik hati, hingga menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan internasional.

Kota yang penduduknya didominasi oleh wanita ini, merupakan rumah bagi orang-orang terkenal di dunia, lo. Mulai dari fisikawan seperti Richard Feynman dan Robert Oppenheimer, komedian seperti Eddie Murphy dan Adam Sandler, hingga musisi dunia seperti Christina Aguilera dan Lady Gaga.

New York gak hanya terkenal sebagai pusat bisnis, seni, dan mode, namun juga terkenal dengan kulinernya yang sangat lezat. Bahkan menurut majalah Restaurant, 9 restoran di New York masuk ke dalam daftar 100 restoran terbaik di dunia.

Selain itu, di New york juga banyak kuliner dari negara-negara lain, seperti di Koreatown yang terkenal dengan kuliner khas Koreanya, dan Little Italy yang merupakan rumah dari restoran-restoran Italia yang terkenal. Di New York juga terdapat beberapa maskar besar bisnis makanan nasional, seperti Yoo-hoo, Blimpie, Haagen-dazs, dan Sbarro.

Terletak di pelabuhan alami besar di pantai Atlantik Amerika Serikat Timurlaut, kota ini terdiri dari lima wilayah, yaituManhattan, Bronx, Brooklyn, Staten Island, dan Queens.

Dengan luas daratan 305 mil persegi (790 km2), New York berbatasan degan negara bagian Vermont, Massachusetts, Connecticut, New Jersey, dan Pennsylvania, dan berbagi perbatasan air dengan with Rhode Island seperti juga dengan perbatasan internasional dengan provinsi-provinsi Kanada, yaitu Quebec dan Ontario.

Profil New York

Nama Lengkap: Kota New York (New York City)

Negara: Amerika Serikat

Wilayah:    Bronx

Brooklyn

Manhattan

Queens

Staten Island

Bentuk Pemerintahan: Wali Kota-Dewan

Bahasa Nasional: Bahasa Inggris

Mata Uang: USD (Dollar Amerika)

Agama : Kristen, Katolik Roma, Hindu, Islam, Bahá'í, Yahudi, Wicca

Julukan: The Big Apple, Gotham, Center of The Universe, The City That Never Sleeps (Kota yang Tak Pernah Tidur)

Luas Wilayah:

Luas keseluruhannya ialah 4.689 mil persegi (12.140 km2).

Luas daratan:  3.048 mil persegi (7.890 km2)

Luas Perairan: 1.641 mil persegi (4.250 km2)

Titik tertinggi: 409.8 kaki (124.9 mdpl)

Zona Waktu : Waktu Standar Atlantik (AST) (UTC-4)

Kode Telepone: 212, 718, 917, 347, 646

Kode ZIP: 100xx-104xx, 11004-05, 111xx-114xx, 116xx

Situs web: www.nyc.gov

Geografi

New York City terletak di Amerika Serikat Timurlaut, di negara bagian New York bagian tenggara, sekitar setengah jalan antara Washington, D.C. dan Boston.

Geografi New York City memiliki ciri-ciri lokasi pesisir di pertemuan Sungai Hudson dan Samudra Atlantik di pelabuhan yang terlindungi secara alami. Geografi kota, dengan ketersediaan tanahnya yang sedikit, adalah faktor utama yang menjadikannya kota terpadat di Amerika Serikat.

Iklim

New York memiliki iklim subtropis lembap. Dalam setiap tahun biasana ada beberapa musim, mulai dari musim panas yang biasanya hangat, lembab, dan hujan; musim dingin biasanya sangat dingin, bersalju, dan berangin; dan umumnya sebagian berawan sepanjang tahun.

Sepanjang tahun, suhu biasanya bervariasi dari -2°C hingga 29°C dan jarang di bawah -10°C atau di atas 34°C.

Musim hangat berlangsung selama 3,5 bulan, dari 2 Juni sampai 16 September, dengan suhu tertinggi harian rata-rata di atas 24°C. Bulan terpanas dalam setahun di Kota New York adalah Juli, dengan rata-rata suhu terendah 29°C dan tertinggi 21°C.

Musim sangat dingin berlangsung selama 3,3 bulan, dari 3 Desember sampai 12 Maret, dengan suhu tertinggi harian rata-rata di bawah 9°C. Bulan terdingin dalam setahun di Kota New York adalah Januari, dengan rata-rata terendah -2°C dan tertinggi 4°C.

Posting Komentar

0 Komentar