Ad Code

Mengenal Haiti, Negara yang Memiliki Agama Voodoo

 

Hai sobat blog…

Pernahkah kamu mendengar negara Haiti? Yap, negara ini merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Amerika. Wilayahnya meliputi bagian barat pulau Hispaniola dan beberapa pulau kecil lainnya di Laut Karibia.

Haiti menjadi penting dalam sejarah lantaran tercatat sebagai negara kedua yang merdeka di benua itu usai Amerika Serikat.

Dalam pergaulan internasional, nama Haiti memang jarang terdengar. Namun dalam bidang industri, Haiti kerap dilirik sejumlah produser dan sutradara internasional. Film James Bond Quantum of Solace yang dirilis pada 2008 misalnya, menempatkan Haiti sebagai pusat cerita dari aksi mendebarkan yang dilakoni Daniel Craig.

Dalam film itu, tersingkap keindahan panorama alam yang tersimpan di bumi Haiti. Di film itu pula, ditampilkan bagaimana suasana kota yang tampak kumuh, gang-gang sempit, serta masyarakat berkulit kecokelatan yang berjalan-jalan di pinggir kota dengan mengenakan baju dan alas kaki seadanya.

Penasaran dengan negara ini? Yuk simak penjelasan berikut mengenai negara Haiti dibawah ini!

Profil Negara Haiti

Nama Lengkap: Republik Haiti (Republic of Haiti)

Nama Lokal: Republique d’Haiti/Repiblik d Ayiti

Lokasi: Benua Amerika Utara (Sub Region Karibia)

Bentuk Pemerintahan: semi Republik Presidensil

Kepala Negara: Presiden Jovenel MOISE (sejak 7 Februari 2017)

Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri Jean Henry CEANT (sejak 16 September 2018)

Ibukota: Port-au-Prince

Luas Wilayah: 27.750 km2

Jumlah Penduduk: 10.788.440 jiwa (2018)

Pertumbuhan Penduduk: 1,31% (2018)

Angka Kelahiran: 22,6 bayi per 1000 penduduk

Bahasa Resmi: Bahasa Perancis dan Bahasa Creole

Agama: Katolik Roma 53,7%, Protestan 25,8%, Vodou 2,1%, agama lainnya 4,6%, tidak beragama 10,2% (data 2003)

Mata Uang: Gourde (HTG)

Hari Kemerdekaan: 1 Januari 1804 (dari Perancis)

Hari Nasional: 1 Januari 1804 (Hari Kemerdekaan)

Lagu Kebangsaan: “La Dessalinienne” (The Dessalines Song)

Kode Domain Internet: .ht

Kode Telepon: 509

Pendapatan Per Kapita: US$ 1.800,- (2017)

Pendapatan Domestik Bruto Nominal: US$19,97 miliar

Sejarah Negara Haiti

Haiti adalah sebuah Negara yang terletak di benua Amerika Utara tepatnya di sub region Karibia. Negara yang menempati bagian barat pulau Hispaniola ini merupakan Negara kepulauan yang berada di kawasan Laut Karibia.

Awal mulanya Negara Haiti ini berasal dari penyerahan sepertiga barat pulau Hispaniola dari tangan Spanyol kepada Perancis pada tahun 1679.

Koloni yang pada saat itu mempergunakan budak dari Afrika untuk bekerja di sektor pertanian gula sehingga menjadikannya sebagai sebuah wilayah koloni terkaya di laut Karibia pada saat itu.

Pada akhir abad ke-18, hampir setengah juta budak Haiti memberontak melawan Perancis dibawah pimpinan Toussaint L’OUVERTURE.

Perjuangan tersebut berhasil menjadikan Haiti sebagai Negara kulit hitam pertama yang merdeka pada tahun 1804. Namun saat ini, Haiti merupakan Negara termiskin di kawasan laut Karibia. Hal ini dikarenakan ketidakstabilan politik yang berkepanjangan.

Populasi Negara Haiti

Menurut data Bank Dunia pada 2017, Haiti memiliki populasi sebesar 10,98 juta jiwa. Jumlah populasi tersebut menempati wilayah sebesar 27.750 km kuadrat.

Bila dibandingkan dengan Indonesia, populasi Haiti ini hampir sama dengan jumlah penduduk Jakarta. BPS pada 2017 mencatat bahwa populasi di Jakarta sebesar 10,38 juta jiwa.

Meski memiliki populasi yang mirip dengan Jakarta, luas wilayah Haiti jauh lebih besar. Dengan Jakarta yang luasnya mencapai 661,5 km kuadrat, luas Haiti mencapai 44 kali lipatnya. Artinya, butuh 44 provinsi seluas Jakarta untuk dapat menjadi sebuah negara dengan luas seperti Haiti.

Perekonomian Negara Haiti

Haiti diklasifikasikan sebagai negara dengan berpendapatan rendah. Bank Dunia mencatat bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Haiti sebesar USD 8,408 miliar atau setara dengan Rp 122,58 triliun. Sementara PDB per kapitanya sebesar USD 760 atau sekitar Rp 11 juta.

Sebagai perbandingan, di tahun yang sama, Bank Dunia mengklasifikasikan Indonesia sebagai negara dengan penghasilan menengah ke bawah. Bank Dunia mencatat PDB Indonesia sebesar USD 1,016 triliun atau setara dengan RP 14.813 triliun. Sementara PDB per kapitanya mencapai USD 3.540 atau setara dengan Rp 51,6 juta.

Dari sisi peringkat ekonomi, Haiti menempati urutan ke-141 di kancah dunia. Sementara itu, Indonesia menduduki peringkat ke-7 sebagai negara dengan tingkat perekonomian terkuat.

Bahasa Resmi Negara Haiti

Haiti memiliki dua bahasa resmi. Pertama adalah bahasa Kreole Haiti, kedua adalah bahasa Perancis. Meski memiliki dua bahasa, masyarakat Haiti lebih nyaman untuk menggunakan bahasa yang pertama.

Agama Mayoritas Haiti

Sekitar 95 persen masyarakat Haiti memeluk agama kristen. Disusul dengan agama kesukuan, ateisme, baha’i, dan Islam. Selain itu, Haiti adalah satu-satunya negara di dunia yang memasukkan Voodoo sebagai agama resmi negara.

Tingkat keamanan negara Haiti

Haiti menempati urutan ke-78 dari 142 negara dengan tingkat keamanan negara terbaik. Data itu merupakan hasil kajian yang diolah Gallup Global Law And Order pada 2018.  Posisi Haiti ini menunjukkan bahwa negara itu memiliki risiko untuk dikunjungi lantaran tidak begitu aman.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, Haiti jelas kalah jauh. Berdasarkan data itu, Haiti tercatat menempati urutan ke-9, mengungguli China dan Inggris.

Nah, itulah seputar informasu terkait negara Haiti. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

Posting Komentar

0 Komentar