Ad Code

Mengulik Fakta Menarik Hutan Amazon, Hutan Hujan Tropis Terbesar di Dunia

Hutan hujan tropis adalah hutan dengan pohon pohon tinggi dan memiliki iklim hangat. Selain itu, hutan hujan tropis biasanya memiliki curah hujan yang tinggi  dam juga memiliki muism kering yang pendek yakni lebih dari 1200 mm. Salah Satu hujan tropis yang paling terkenal adalah hutan Amazon. Hutan Amazon merupakan hutan hujan yang  berada di Amazon, Amerika Selatan atau disebut juga Amazon Basin.

Kata 'amazon' berasal dati kata'amazonas' yang berasal dari nama suku dalam mitologi Yunani. Amazonas adalah suku yang hanya terdiri dari prajurit perempuan yang melakukan penaklukan dengan ekspedisi. Nah bagi kamu yang ingin mengetahui fakta menarik hutan Amazon yuk simak penjelasan berikut.

Berikut ini fakta fakta menarik hutan Amazon

1. Hutan terluas di dunia

Hutan Amazon memiliki luas sampai 6,7 jut km2 dengan persebran yang meliputi 9 negara seperti Brasil, Kolombia,Peru , Venezuela. Hutan Amazon snediri mencangkup 1,7 miliar hektar tanah dan perairan. sedangkan hutan hujaan tropis nyaa meliputi area seluas 1,4 miliar hektar

2. Paru- paru Pertama Dunia

Luasnya hutan amazon mebuat hutan ini dapat menyerap karbon dioksida dengan kapasitas besar yakni mencapai 140 miliar ton cadangan karbon. Hutan ini dapat menghasilkan 30% dari seluruh oksigen dibumi. Hal ini dapat terbentuk oleh beram vegetasi dan pepohonan yang tumbuh disana untuk dapat melakuakn proses fotosintesis

3. Menjadi sumber 80% Makanan di Dunia

Di hutan Amazon sendiri ada lebih dari 3000 jenis buah, dan 200  diantara dikonsumsi di dunia barat.Bahkan sumber obat obatan di hutan ini juga berlimpah, yakni lebih dri 25 persen dari kebutuhan obat obatan masyarakat barat terpenuhi dari sumber di hutan hujan tersebut.

4. Kaya Akan Flora Dan Fauna

Hutan Amazon mempunyai flora dan fauna yang sangat beragam yakni kurang lebih sekitar 40.000 spesies tanaman dan 16.000 jenis pohon, 5.600 jenis ikan, 1.300 spesies burung, lebih dari 430 hewan mamalia,1.000 amfibi, 550 serangga dan lebih dari 400 reptil.

 5. Pertama Kali dihuni Manusia 11.200 Tahun lalu

Berdasarkan bukti arkeologi hutan Amazon diyakini pertama  kali  dihuni manusia sekitar 11.200 tahun lalu. Konon para penduduk pertama ini tinggal dan menetap di lembah sungai San Rafael dan sungai Quijos. Daerah yang terletak di kaki Gunung Reventador ini memang sangat subur dan punya kekayaan alam yang sangat berlimpah.

6. Hutan Paling Berbahaya di Dunia

Lebatnya pepohonan yang ada di hutan Amazon menjadikannya memiliki julukan 'Neraka Hijau'dan menjadi hutan yang sangaat berbahaya di dunia. Hal ini karena apabila seseorang pengembara tersesat di dalamnya maka akan kesulitan untuk menemukan jalan keluarnya.

Luas hutan terbentang jauh meliputi 9 negara, dan mengalir aliran sungai yang memanjang dan berkelok kelok mengitari hutan.

Banyak dari spesie hewan yang sangat berbahaya di hutan ini. salah satu yang cukup terkenal keberadannya adalah ikan piranha dan arapaima. Ikan piranha masuk kedalam salah satu ikan air tawar pemangsa. Ikan arapaima juga termasuk ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan Amerika Selatan dengan berat mencapai 200 kg dan panjang tubuh hingga 3 meter.

Belut listrik juga dapat kita temukan di hutan hujan ini. Daya listrik yang mengaliri tubuhnya bisa mencapai 650 Volt dan tentu mampu mematikan lawan dalam sekali hentakan.

Demikianlah fakta menarik Hutan Amazon, Hutan Hujan Tropis terbesar di dunia. Menarik yah sobat bloger.

Posting Komentar

0 Komentar