Ad Code

Sejarah Asal Usul Amerika Serikat Dijuluki Sebagai Negeri "Uncle Sam"


Siapa nih diantara kalian yang belum kenal dengan negara yang sering dijuluki sebagai Negeri Uncel Sam Atau Paman Sam ini?

Yups Amerika Serikat, Negara yang disebut dengan negeri Paman Sam ini merupakan sebuah negara Republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara, yang menjadi lokasi dari empat puluh lima negara bagian yang saling bersebelahan, beserta distrik ibu kota Washington. Amerika Serikat adalah negara terluas ketiga atau keempat di dunia (menurut luas daratan dan perairan).

Tahu gak sih mengapa negara Amerika Serikat dijuluki sebagai Negeri Uncel Sam(Paman Sam)? dan siapa Sih sosok dibalik julukan nama tersebut?

Nah Jadi,pada 7 September 1812, Amerika Serikat mendapatkan julukan dengan nama Negeri Paman Sam. Nama Sam itu diambil dari Samuel Wilson.

Samuel Wilson merupakan Seorang penjual daging dari Troy, New York. Dirinya sering menyuplai daging sapi untuk Angktan Darat AS selama perang tahun1812.

Wilson selalu membubuhkan cap ke kotak daging dengan huruf US yang artinya United States. Namun tak disangka, para tentara salah mengartikan US tersebut. Mereka berpikir bahwa US itu merupakan singkatam dari Uncle Sam (Paman Sam).

Surat Kabar Lokal pun mulai menyebarkan cerita tentang Wilson atau yang dikenal dengan nama Paman Sam. Akhirnya Paman Sam mendapatkan penerimaan luas sebagai julukan bagi pemerintah Federal AS.

Pada tahun 1860-an dan 1870-an, Kartunis politk Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Sam. Ia menggambarkan Sam dengan jenggot putih dan jas bermotif bintang dengan garis-garis, seperti warna bendera Amerika Serikat.

Namun gambar yang paling terkenal dari Paman Sam itu diciptakan James Montgomery Flgg. Dalam versi Flagg, Paman Sam digambarkan memakai topi tinggi dan jaket biru sambil menunjuk lurus ke depan.

Selama Perang Dunia pertama berlangsung, gambar Paman Sam ini dilengkapi dengan kata kata "I Want You For US Army" yang artinya Saya Ingin Anda Jadi Tentara As) yang digunakan sebagai poster perekrutan tentara. Gambar Paman Sam ini kemudian menjadi sangat populer ketika digunakan disampul Leslie pada Juli 1916.

 Pada September 1961, Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai nenek moyang simbol nasional As, yaitu Paman Sam. Hinnga akhirnya pada tahun 1854 Wilson meinggal dunia pada usia 88 tahun dan dimakamkan disamping istrinya, Betsey Mann di pemakaman Oakwood di Troy, New York.

Nah sobat bloger, demikianlah informasi terkait Sejarah Asal Usul Negara AmerikaSerikat  dijuluki sebagai negeri Uncle Sam atau Paman Sam. Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar