Ad Code

Profil dan Biodata Joe Biden, Presiden Amerika Serikat ke – 46

 

Hai sobat blog…

Siapa sih yang tidak mengenal Joe Biden? Yap, presiden Amerika yang ke-46 ini memang dikenal sebagai pria yang tak kenal lelah demi membuat Amerika Serikat menjadi negara yang diimpikannya.

Namun tahukah kamu? Untuk sampai pada kesuksesan ini, Joe Biden telah melewati banyak sekali masa masa sulit. Apa sajakah itu? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

Profil Joe Biden

Joseph Robinette Biden Jr. atau biasa dikenal dengan Joe Biden lahir pada 20 November 1942 di Scranton, Pennsylvania, Amerika Serikat. Ia merupakan anak tertua dari empat bersaudara dari pasangan Joseph Robinette Biden Sr., seorang penjual mobil bekas yang kurang beruntung, dan Catherine Eugenia Finnegan Biden.

Joe Biden dan keluarganya diketahui menganut agama Katolik Roma. Joe Biden diketahui besar di wilayah bernama Scranton yang terletak di negara bagian, Pennsylvania, Amerika.

Saat berusia 10 tahun, ia dan keluarganya pindah ke wilayah New Castle, Delaware. Joe Biden diketahui mengenyam pendidikan di Archmere Academy di Claymont. Setelah itu ia menempuh kuliah di University of Deleware. Ia meraih gelar sarjananya pada tahun 1965.

Setelah itu kembali menempuah pendidikannya di Universitas Syracuse, New York di jurusan Hukum. Ia berhasil menyelesaikannya dan meraih gelar sarjana hukum pada tahun 1968. Selama kuliah, ia menikah dengan wanita bernama Neillia Hunter pada tahun 1966 yang memberinya tiga orang anak.

Setelah menyelesaikan kuliah di New York, Joe Biden kembali ke Delaware. Disana ia bekerja sebagai seorang pengacara hukum. Beberapa tahun kemudian ia beralih ke politik dan menjadi anggota dewan di dewan county New Castle dari tahun 1970 hingga 1972.

Karir Joe Biden di politik sangat bagus. Pada tahun 1972, ia terpilih menjadi senator Amerika Serikat. Saat itu ia masih berusia 29 tahun dan diketahui ia menjadi senator termuda kelima sepanjang sejarah Amerika Serikat.

Dalam biografi Joe Biden diketahui bahwa ketika menjadi senator AS, Joe Biden harus mengalami peristiwa tragis dalam hidupnya. Ia harus kehilangan anak dan istrinya yang tewas akibat kecelakaan mobil. Dalam peristiwa tersebut, Istrinya yang bernama Neillia Hunter tewas serta bayi perempuannya. Sementara putra keduanya terluka parah.

Joe Biden terpukul sangat berat akibat peristiwa tersebut. Ia bahkan berpikir untuk berhenti sejenak dari dunia politik dan sebagai seorang senator. Namun atas bujukan kolega serta masyarakat yang mendukungnya, Biden kembali menjadi anggota senat pada tahun 1973.

Kemudian di tahun 2018, Joe Biden terpilih kembali sebagai anggota senat Amerika Serikat. Namun ia harus mengundurkan diri karena pada pemilu presiden Amerika tahun 2008, Barack Obama dan Joe Biden terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat yang baru.

Barack Obama dan Joe Biden kemudian diambil sumpahnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat pada tanggal 20 Januari 2009. Kemudian pada pemilihan presiden dan wakil presiden Amerika tahun 2012, Barack Obama dan Joe Biden terpilih kembali sebagai presiden dan wakil presiden Amerika.

Ketika masih menjabat sebagai wakil presiden tahun 2015, sekali lgi Joe Biden harus mengalami kisah pahit. Ia harus kehilangan putera tertuanya karena kanker otak.

Beberapa bulan kemudian, Joe Biden mengumumkan bahwa dirinya tidak akan maju dalam ajang pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016. Hal ini karena ia masih dalam kondisi berkabung setelah kehilangan puteranya.

Di bulan agustus 2020, Joe Biden kemudian mengumumkan bahwa Kamala Harris sebagai pasangannya atau calon wakil presiden Amerika. Kamala Harris menjadi wanita keturunan Afrika-Amerika pertama sebagai wakil presiden Amerika Serikat.

Popularitas Joe Biden - Kamala Harris semakin menanjak menjelang pemilihan presiden khususnya pada wilayah kantong-kantong suara yang dikuasai oleh partai Republik. Pada bulan November 2020, Pemilihan presiden Amerika dilakukan. Hasilnya, Joe Biden berhasil mengalahkan Donald Trump dalam pemilihan Presiden Amerika tahun 2020.

Dengan demikian Joe Biden keluar sebagai pemenang dan ditetapkan sebagai Presiden Amerika Serikat. Ia dilantik pada bulan Januari 2021 bersama dengan Kamala Harris yang menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat terpilih.

Biodata Joe Biden

Nama lengkap: Joseph Robinette Biden Jr.

Nama panggilan: Joe Biden

Tempat tanggal lahir: Pennsylvania, 20 November 1942

Agama: Katolik

Umur: 78 tahun

Profesi: Presiden AS, politikus dan pengacara

Partai Politik: Demokrat

Tanggal pelantikan: 20 Januari 2021

Jabatan sebelumnya: Wakil Presiden Amerika Serikat dan Senator senior dari Delaware dari 1973 hingga 2009

Organisasi didirikan: Biden and Walsh

Pendidikan: College of Law - Syracuse University (1968), Universitas Delaware (1965), Archmere Academy (1961)

Orangtua: Joseph Robinette Biden Sr dan Catherine Eugenia (Finnegan) Biden

Istri: Neilia Biden (almarhum), Jill Tracy Jacob

Anak: Ashley Jacobs, Hunter Biden, Naomi "Amy" Biden (almarhum), dan Joseph "Beau" Biden III (almarhum)

Cucu: Navy Joan Roberts, Maisy Biden, Naomi Biden, Robert Biden II, Natalie Biden, Finnegan Biden, Beau Biden Jr.

Itulah seputar informasi terkait perjalanan panjang yang ditempuh oleh Joe Biden untuk menjadi presiden Amerika Serikat ke 46. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar