Ad Code

QS World University: Deretan Universitas Terbaik di Amerika Tahun 2022

 

Hai sobat blog…

Bisa kuliah di Amerika menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi jika berhasil menaklukkan universitas terbaik di Amerika. Wah, pasti sangat bangga bukan?

QS World University baru baru ini telah merangkum deretan universitas terbaik di Amerika. QS World University Rankings sendiri adalah salah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi skala internasional.

So, universitas apa sajakah itu? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

Deretan Universitas Terbaik di Amerika Tahun 2022 Versi QS World University

6. Columbia University

Universitas Columbia adalah salah satu dari universitas yang paling terkenal di Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1754 sebagai King’s College, dan menerima piagam dari King of England George II.

Universitas Columbia terletak di New York City tepatnya di Manhattan dan terbentang hingga 6 blok, alias sekitar 13 hektar. Lingkungan kampus ini dipenuhi oleh mahasiswa, fakultas, alumni dan letaknya hanya sekitar 20 menit dari Midtown dengan menggunakan kereta bawah tanah.

Selama abad ke-20, lebih dari 60 orang lulusan Universitas Columbia memenangkan penghargaan Nobel, termasuk Harold C. Urey di bidang kimia, I.I Rabi dan Polykarp Kusch di bidang fisika, Andre Cournand dan Dickinson Richards di bidang pengobatan, serta William Vickrey di bidang ekonomi.

Sementara lulusan yang terkenal dan berprestasi lainnya seperti legenda pemain baseball, Lou Gehrig dan Eddie Collins; musisi, Paul Robeson; penulis, Jack Kerouac; politikus, Ruth Bader Ginsburg, hingga presiden Amrik, Franklin Delano Roosevelt dan Barack Obama.

Selain banyaknya lulusan-lulusan berprestasi yang terkenal, Universitas Columbia juga meluluskan beberapa selebriti Hollywood, lho. Di antaranya seperti aktor Jake Gyllenhall dan Matthew Fox, meski keduanya enggak belajar soal perfilman; Jake Gyllenhall mengambil jurusan Eastern Religion and Philosophy, sementara Matthew Fox mengambil jurusan Ekonomi.

5. California Institute of Technology (Caltech)

Selanjutnya ada California Institute of Technology atau biasa disebut sebagai Caltech merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang cukup tekenal di dunia.

Perguruan tinggi yang terletak di Pasadena, California ini berfokus pada ilmu alam dan teknik ini sangat terkenal lho dalam bidang penelitian dan riset.

Hasil penelitian yang ditulis dan dikembangkan oleh mahasiswa dari kampus ini cukup tinggi, sehingga tidak heran jika ada banyak teknologi mutakhir yang berhasil diciptakan melalui kampus ini.

4. Harvard University

Siapa sih yang tidak mengenal universitas Harvard? Yap, universitas yang satu ini merupakan universitas tertua di Amerika Serikat yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Universitas Harvard didirikan pada tahun 1636 oleh badan legislatif Massachusetts.

Tidak hanya mengedepankan unsur sarana dan prasarana yang luar biasa megah, Universitas Harvard juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan efektif. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu mengapa universitas ini begitu bergengsi dan membanggakan.

3. Stanford University

Terpilih sebagai kampus terbaik di dunia, Stanford University adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menjadi incaran para pelajar internasional. Maudy Ayunda bahkan menjadi salah satu artis berprestasi Indonesia yang memilih kampus tersebut untuk menutaskan program studi S2nya.

Berada di Palo Alto, California, Stanford University menawarkan banyak keunggulan jika kamu membandingkan dengan lembaga perguruan tinggi lainnya. Beberapa prestasi yang dicapai juga menjadi bukti valid mengapa kamu layak kuliah di tempat tersebut.

Lembaga perguruan tinggi ini bahkan mampu mencetak alumni seorang astronot. Stanford University sudah rajin memperoleh nobel sejak tahun 1952 pada bidang penelitian, menyabet total 19 Nobel Prize Laureates ditambah 4 Pultizer Prize.

Selain nobel, Stanford University merupakan lembaga dengan pencapaian Turing Awards paling banyak. Itulah alasan besar mengapa para alumninya adalah para pesohor sekaligus milidarder dunia. Para mahasiswa Stanford University hingga kini telah meraih 244 medali olimpiade dan 129 dari medali tersebut adalah emas.

2. University of Cambridge

Selain Universitas Harvard yang digadangkan tertua, di Amerika juga ada Universitas terkenal lainnya, yakni Cambridge dengan usia mencapai 800 tahun. Universitas ini terletak 80 Km di sebelah utara London dengan luas area kurang lebih 40,2 kilometer persegi (km2).

Cambridge merupakan salah satu kota yang sangat indah di Inggris dengan paduan bangunan bersejarah dan sungai yang mengalir melalui tengah kota. Namun, Cambridge juga bukan kota besar, mengingat sebagian besar masyarakatnya menggunakan alat transportasi sepeda untuk bisa menjangkau tempat-tempat menarik di kota Cambridge.

Meski demikian, wilayah Cambridge dikenal sebagai salah satu wilayah dengan pendidikan terbesar. Hal itu dibuktikan dengan banyak nya peraihan nobel yang diterima universitas Cambridge.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Terakhir, ada Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang terpilih sebagai universitas terbaik di dunia berdasarkan penilaian QS World University Rankings 2022. Skor yang diperoleh kampus yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat ini sempurna, yaitu 100 poin.

Salah satu kelebihan dari MIT adalah keahlian mereka dalam mentransformasi gagasan mahasiswa menjadi bisnis yang sukses. Bill Clinton pernah mneyatakan bahwa MIT memiliki program transfer teknologi terbaik di Amerika Serikat. Seluruh lulusan MIT kebanyakan langsung bisa mendirikan perusahaannya sendiri.

Pada tahun 2011 saja–yang noabene sudah sembilan tahun berlalu, ada 694 paten yang lahir dari MIT. Paten tersebut sangat beragam, mulai dari tinta digital, surel, nuklir, dan lainnya. Jadi, jelas bahwa universitas yang satu ini memang terdepan di bidang teknologi.

Amerika memang dikenal sebagai benua yang memiliki banyak universitas terbaik di dunia. Tak tanggung-tanggung, universitas dengan peringkat 1 terbaik di dunia ada di sini. So, kamu mau lanjut kemana nih?

Posting Komentar

0 Komentar