Ad Code

Daftar Gunung Tertinggi di Benua Amerika Selatan, Dari Akonkagua Hingga Tres Cruses Sur

Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dengan wilayah sekitarnya. Di setiap benua pasti memiliki deretan gunung tertinggi. Kalau kemarin kita bahas mengenai Gunung Tertinggi di Amerika Utara, Kali ini kita akan membahas mengenai deretan gunung tertinggi di benua Amerika Selatan. Lantas apa sajakah gunung tertinggi di benua Amerika Selatan. Yuk simak artikel dibawah ini!

1. Akonkagua


Akonkagua adalah sebuah gunung di Argentina, dekat perbatasan Chili. Gunung ini terletak di bagian barat negara Argentina dan memiliki ketinggian hingga 6.962 m. Pendaki pertama yang berhasil menaiki gunung ini adalah Matthias Zurbriggen pada tahun 1897.

Gunung Akonkagua memiliki cuaca dingin yang didominasi es,gletser, dan bebatuan. Gunung ini terkenal dengan cuaca ekstrem badai angin yang sangat berbahata atau yang dikenal dengan nama "el viento blanco".

2. Ojos del Salado


Ojos del Salado adalah sebuah gunung api besar yang terdapat di pegunungan Andes di perbatasan Argentina-Chili. Gunung ini juga merupakan gunung api tertinggi di dunia dengan ketinggia mencapai 6.893 meter. Pendaki pertama yang berhasil mendaki puncak gunung Ojos del Salado adalah Jan Alfred SzczepaƄski dan Justyn Wojsznis pada 26 Februari 1937.

3. Monte Pissis


Monte Pissis merupakan gunung berapi yang terletak di perbatasan provinsi La Rioja dan Catamarca, Argentina, 25 Km dari perbatasan Chili. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 6.792 meter. Pendaki pertama puncak gunung ini adalah Poland Osiecki dan Szczepanski pada tahun 1937.

Gunung Monte Pissies adalah gunung tertinggi ketiga di Amerika Selatan setelah  Gunung Aconcagua dan Gunung Ojos del Salada. Nama gunung ini sendiri diberi oleh ahli geografi Prancis Pierre Joseph Pissis.

4. Huascaren


Gunung keempat tertinggi di Amerika Selatan adalah Huascaren. Gunung ini terletak di Cordillera Blanca, sebuah barisan pegunungan yang merupakan bagian dari Andes Barat. Gunung Huascaren memiliki ketinggian 6.768 Meter.

Pendak pertama yang berjaya sampai kepuncak gunung ini adalah sebuah ekspedisi gabungan Jerman-Austria, pada 20 Juli 1932.

5. Cerro Boneta


Cerro Boneta merupakan sebuah gunung yang terletak i utara provinsi La Rioja, Argentina, dekat perbatasan provinsi dengan Catamarca. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 6.759 m di atas permukaan laut. Gunung Cerrp Boneta adalah gunung tertinggi kelima di benua Amerika Selatan. Gunung ini didaki pertama kali pada tahun 1985.

6. Tres Cruses Sur


Tres Cruses Sur merupakan massif asal vulaknaik di Gunung Andes di perbatasn Argentina dan Chile. Gunung Tres Cruses Sur ini memiliki ketinggian sampai 6.749 meter. Gunung ini menjadi gunung tertinggi ke enam di benua Amerika Selatan.

Gunung berapi ini memiliki sejarah aktivitas yang panjang, setidaknya 1,5 juta tahun lalu. Sejumlah kubah lava mengeliling kompleks dan sejumlah kawah yang terletak dipuncaknya.  

Nah, itulah deretan gunung tertinggi di benua Amerika Selatan. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar