Ad Code

Deretan Gunung Tertinggi Di Benua Amerika Utara

Gunung adalah bagian kerak bumi yang lebih tinggi dari area di sekitarnya. Gunung berbeda dengan dataran tinggi karena memiliki daerah puncak yang terbatas, gunung lebih besar dari sebuah bukit dan biasanya memiliki ketinggian setidaknya 300 meter (1.000 kaki) di atas tanah sekitarnya.

Gunung terbentuk ketika sebuah lapisan batuan yang datar saling mendorong ke arah satu sama lain sehingga gunung yang tinggi terbentuk. Setiap benua memiliki gunung-gunung tertinggi seperti Benua Asia dengan Gunung Everest dan Benua Eropa dengan Gunung Elbrus.

Lantas, gunung apa yang tertinggi di Benua Amerika Utara? Berikut deretan gunung tertinggi di benua Amerika Utara yang perlu anda ketahui.

Deretan Gunung Tertinggi di Benua Amerika Utara

1. Gunung Denali (6.190,49 m)


Gunung Denali atau yang lebih dikenal dengan gunung MCKinley adalah gunung tertinggi pertama di Amerika Utara yang puncaknya berada di ketinggian 6.190,49 m diatas permukaan laut.

George Vancouver merupakan orang pertama yang mencatat keberadaan gunung ini pada 1794.orang pertama yang berhasil melaukan pendakian Denali adalah  tim pendaki Hudson Stuck, Harry Karstens, Walter Harper, dan Robert Tatum, lewat jalur selatan pada tanggal 7 Juni 1913.

Menurut Prominesa topografinya, Gunung Denali merupakan puncak paling prominen ketiga di dunia setelah Gunung Everest dan Aconcagua. Gunung ini berlokasi di pedalaman negara bagian Alaska.

2. Gunung Logan (5.959 m)


Gunung Logan merupakan gunung tertinggi kedua di Amerika Utara tepatnya di Kanada. Nama gunung ini diambil dari nama seorang geologis asal  Kanada,  William Edmond Logan. Ketinggiannya mencapai 5.959 m.

Pendaki pertama yang sukses mendaki puncak gunung Logan adalah William Wasbrough Foster, A.Carpe, A. Taylor, H.F Lambart, H. S. Hall, Jr, dan R.M Morgan.

3. Pico de Orizaba (5.636 m)


Gunung Pico de Orizaba merupakan gunung berapi kerucut yang tak aktif dan tertinggi ketiga Amerika Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 5.636 meter di atas permukaan laut di ujung timur Sabuk Vulkanik Trans- Meksiko.

Saat ini, Gunung berapi tersebut memang tidak aktif tetapi tidak punah, dengan letusan terakhir terjadi pada abad ke -19. Gunung Pico de Orizaba ini adalah puncak gunung berapi paling menonjol kedua di dunia setelah Gunung Kilimanjaro di Afrika.

4. Mount Saint Elias (5.488,838 m)


Gunung ini juga disebut Puncak Batas 186. Saints Elias adalah gunung tertinggi keempat di Amerika Utara yang terletak di perbatasan Yukon dan Alaska. Gunung Saint Elias memiliki ketinggian 5.488,838 m.

Gunang ini pertama kali dilihat oelh penjelajah Eropah pada 16 Juli 1741 oleh Vitus Bering, seorang penjelajah Denmark dalam perkhidmatan Rusia. Pendaki pertama gunung  ini adalah Pangeran Luigi Amedeo, Seorang pendaki gunung dan penjelajah Italia.

5. Popocat├ępetl (5.426 m)

Gunung Popocatepetl merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 5.426 m. Gunung ini adalah gunung tertinggi kelima di benua Amerika Utara. Nama Popocat├ępetl berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, Popoca, yang artinya 'berasap' dan tepetl yang beraarti 'gunung' (Gunung Berasap).

Nah, demikianlah informasi terkait deretan gunung tertinggi di benua Amerika Utara. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar