Ad Code

Wajib tahu! Inilah Deretan Gunung tertinggi di Benua Amerika Tengah

Benua Amerika tengah merupakan kawasana di Amerika Utara bagaian selatan, mencangkupi wilayahh di sebelah selatan Teluk Meksiko hingga perbatasan selang Panama dan kolombia. Benua ini memiliki luas sekitar 540.000 km2 dan diapit oleh Samudra Pasifik dan laut Karibia disisi barat dan timur.

Sama hal nya dengan benua lain, Benua ini juga memiliki gunung- gunung tertinggi. Nah untuk itu, dibawah ini kami telah memberi informasi terkait deretan gung tertinggi di benua Amerika Tengah. Lantas apa saja kah itu? Yuk simak ulasan dibawah ini!

1.  Volcan Tajumulco


Volcan Tajumulco adalah gunung tertinggi Amerika tengah yang memiliki ketinggian sekitarb4.203 meter. Gunung ini dalah bagaian dari pegunungan Serra Madre de Chiaps, yang dimulai di negara bagian.

Nama Tajumulco ini mengambil nama dari kota Tajumulco, yang asal usulnya tidak pasti. Itu bisa berasal dari ibu, taj yang berarti "terjebak, dekat dengan sesuatu", xomulli "Pojok, titik" dan bersama "Di, di dalam", yang akan diterjemahkan menjadi "terjebak, di kaki sesuatu".

2. Acatenango



Selanjutnya ada gunung Acatenango. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di benua Amerika tengah dengan ketinggian sekitar 3.976 m. Gunung Acatenango memiliki dua puncak, yakni ico Mayor dan Yepocapa yang juga dikenal sebagai Tres Hermanas.

3. Sierra de los Cuchumatanes


Gunung tertinggi ketiga adalah Sierra de los Cuchumatanes. Gunung ini terletak di departemen Huehuetenango dan El Quiché di Guatemala barat dan memiliki ketinggian sekitar 3.837 m. Sementara luasnya mencapai 16.350 km2.

4. Cerro chirripo


Cerro chirripo adalah gunung tertinggi keempat dengan ketinggian 3.837m. Gunung ini merupakan gunung tertinggi diKosta Rika yang terletak di Taman Nasional Chirripó dan terkenal karena kekayaan ekologisnya.

5. Santa Maria


Gunung Santa Maria terletak di Guatemala, dekat dengan kota Quetzaltenango. Dengan ketinggian yang mencapai 3.772 m, gunung ini menjadi gunung kelima tertinggi di benua Amerika Tengah.

6. Gunung Fuego


Gunung tertinggi selanjutnya adalah sebuah gunung berapi kerucut di negara Guatemala. Gunung ini memiliki ketinggian 3.763 m dan menjadi batas antara departemen Chimaltenango Escuintla, dan Sacatepéquez.

7. Gunung Agua Volcano


Gunung Agua Volcano ini terletak di departemen acatepéquez dan Escuintla di Guatemala. Gunung ini menjadi gunung ketujuh tertinggi di Benua Amerika Tengah dengan ketinggian 3.760 m.

8. Volcan Atitlan


Gunung ini merupakan tratovolcano aktif, kerucut, besar yang berdekatan dengan kaldera Danau Atitlan di Dataran Tinggi Guatemala. Gunung Atitlan memiliki ketinggian 3.535 m.

Nah, itulah informasi terkait deretan gunung tertinggi di benua Amerika Tengah. Semoga ulasan kami bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar