Ad Code

6 Rekomendasi Beasiswa S1 di Amerika yang Wajib Kamu Coba

 

Hai sobat blog…

Siapa nih yang bercita cita kuliah di Amerika? Yap, Amerika Serikat memang menjadi salah satu negara favorit destinasi mahasiswa internasional. Selain banyak universitas berkelas dunia, pendidikan di AS juga menekankan pada standar yang tinggi untuk mencetak lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Pendidikan tinggi di Amerika Serikat merupakan salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Maka tidak heran berbagai institusi seperti Harvard, Stanford, Yale ataupun MIT pun menjadi incaran mahasiswa internasional.

Institusi pendidikan tinggi di Amerika Serikat menawarkan banyak program belajar yang fleksibel dan multifungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan para mahasiswa internasional.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjalani kuliah di Amerika, tentu tidaklah murah selain biaya kuliah namun juga biaya hidup, dan akomodasi harus kamu perhatikan. Namun kamu tidak perlu khawatir karena di Amerika terdapat beasiswa bagi mahasiswa Internasional, termasuk Indonesia.

Apa sajakah itu? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

6 Rekomendasi Beasiswa S1 di Amerika yang Wajib Kamu Coba

1. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang disebut LPDP merupakan lembaga beasiswa dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang membantu calon mahasiswa dari Indonesia untuk menjalani kuliah di luar negeri di bidang biaya kuliah. Beberapa daftar universitas di Amerika Serikat yang dapat dilamar dengan beasiswa ini adalah:

  • MIT (Massachusetts Institute of Technology)
  • Yale University
  • Harvard University
  • University of California
  • Emerging Global Leader Scholarship

Beasiswa ini ditargetkan bagi mahasiswa yang ingin mengejar gelar S1 di Amerika Serikat. Pelamar di program beasiswa ini biasanya orang-orang yang memiliki dedikasi untuk perubahan sosial positif untuk komunitas yang tertinggal di negara asalnya. Cocok bagi kamu yang suka menjalani kegiatan sosial, serta aktif di komunitas warga lokal.

2. American University Scholarship

Program beasiswa yang disediakan oleh American University diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi di jenjang S1 sampai dengan S3. Beasiswa ini memberikan keringanan biaya kuliah di bidang akademik. Terdapat dua skema beasiswa yaitu Merit Awards dan Fellowship & Assistantships.

3. Foreign Fulbright Student Program

Program beasiswa Fulbright merupakan program beasiswa secara penuh yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat bagi mahasiswa yang ingin mengejar gelar Master atau PhD. Bantuan yang ditawarkan di program beasiswa ini yaitu biaya kuliah, buku pelajaran, tiket pesawat, tunjangan hidup dan asuransi kesehatan.

4. Michigan State University International Scholarship

Michigan State University (MSU) merupakan perguruan tinggi dengan kualitas pendidikan terbaik yang ada di Michigan, Amerika Serikat. Universitas ini menawarkan beasiswa dan bantuan dana bagi mahasiswa internasional yang dapat memenuhi kriteria. Mulai dari tingkat Undergraduate (S1) hingga Postgraduate (S2) dapat menikmati beasiswa dari MSU. Bagi mahasiswa yang menerima beasiswa ini akan mendapatkan biaya penuh selama menempuh pendidikan di MSU.

5. World Bank Scholarship

World Bank Scholarship melalui skema Joint Japan World Bank Graduate Scholarship merupakan program beasiswa yang ditawarkan kepada anggota Bank Dunia. Beasiswa ini bersifat penuh jadi seluruh biaya pendidikan akan ditanggung oleh World Bank Scholarship. Bagi mahasiswa yang ingin menjalani kuliah di Amerika Serikat, World Bank Scholarship menyediakan beasiswa untuk 8 universitas di Amerika, salah satunya adalah Harvard University.

Nah, itulah beberapa program beasiswa yang dapat kamu apply jika ingin menjalani kuliah di Amerika Serikat. Namun sebelum mencoba, tentu kamu harus menguasai kemampuan bahasa Inggris terlebih dahulu. Semoga sukses!

Posting Komentar

0 Komentar