Ad Code

Intip! Daftar Negara Berkembang di Benua Amerika

Hai sobat bloger..

Berdasarkan penggolongan regionnya, Amerika terdiri dari dua benua, yakni Amerika Utara dan Selatan. Dimana zona iklim kedua benua ini sangat berbeda. Sedangkan sebelah selatan, Amerika Selatan berbatasan dengan Kutub Selatan. Akibatnya, di Amerika Utara beriklim subarktik dan di Amerika Selatan beriklim tropis namun menjadi lebih dingin semakin ke selatan. Khususnya di wilayah paling selatan, yakni Cape Horn.

Amerika memiliki luas kurang lebih seluas 42.292.000 km persegi. Tak heran, jika ada banyak sekali negara berkembang di benua Amerika dengan tingkat kesejahteraan masyarakat yang belum bisa mencapai negara maju. Adapun ciri-ciri negara berkembang yakin:

Ciri-ciri negara berkembang

a. Pendapatan per kapita yang cenderung rendah

Menurut data dari World Bank, negara dengan pendapatan perkapita rendah diukur berdasrkan umlah pendapatan perkapita dibawah US$ 975 per tahun.

b. Keamanan tak terjamin

Keamanan negara berkembang masih sangat minim dan tak layak. Oleh kareana itu, angka kriminalitas di negara berkembang juga masih tergolong tinggi.

c. Minimnya fasilitas kesehatan

Fasilitas kesehatan di negara berkembang juga tergolong minim. Belum banyaknya fasilitas kesehatan yang layak pakai menyebabkan penduduk di negara berkembang lebih rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, angka kematian di negara berkembang juga lebih besar dibanding angka kematian di negara maju.

d. Perkembangan penduduk tak terkendali

Negara berkembang mempunyai jumlah rata-rata penduduk yang besar dibandingkan negara maju karena tidak terkendalinya perkembangan penduduk. Hal ini juga merupakan akibat dari minimnya edukasi dan fasilitas kesehatan.

f. Besarnya Angka Pengangguran

Angka pengangguran di negara berkembang tergolong tinggi. Hal ini karena lowongan pekerjaan yang tersedia masih belum tersebar secara merata. Selain itu, tingkat pendidikan yang kurang merata juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan besarnya angkaa pengangguran.

g. Impor lebih tinggi dibandingkan ekspor

Dikarena rendahnya pengelolahan SDA dan SDM negara berkembang, negara negara ini lebih sering membeli barang dari luar negeri. Padahal tentu saja, bila kebutuhan sebuah negara sangat tergantung dari negara lain, maka posisi dari negara tersebut bisa dikatakan tidak stabil.

Negara berkembang adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah, sektor industri yang kurang berkembang, nilai indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HOI) berada pada tingkat menengah ke bawah, serta rendahnya pendapatan per kapita. Lantas apa saja negara yang berkembang di Benua Amerika? Berikut daftar negara-negara berkembang di benua Amerika.

Daftar Negara berkembang di Benua Amerika

1. Antigua dan Barbuda

2. Jamaika

3. Argentina

4. Kolombia

5. Bahamas

6. Kosta Rika

7. Barbados

8. Meksiko

9. Belize

10. Nikaragua

11. Bolivia

12. Panama

13. Brazil

14. Paraguay

15. Chile

16. Peru

17. Curacao

18. Republik Dominika

19. Dominika

20. Saint Kitts and Nevis

21. Ekuador

22. Saint Luca

23. El Savador

24. Saint Vincent and Grenadine

25. Grenada

26. Sinty Maarten

27. Guatamela

28. Suriname

29. Guyana

30. Trinidad and Tobago

31. Haiti

32. Venezuela

33. Honduras

34. Uruguay

 

Nah,itulah informasi terkait daftar negara berkembang di benua Amerika. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar