Ad Code

Mengenal Gustavo Petro, Mantan Gerilyawan Pemberontak Yang Jadi Presiden Kolombia

Hai sobat blog….

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Gustavo Petro. Gustavo Petro merupakan presiden Kolombia yang dulunya merupakan seorang gerilyawan pemberontak. Ia mengambil jalur politik berhaluan kiri dan memenangi pilpres Kolombia pada 2022 dengan selisi tipis dibanding lawannya yakni seorang politikus jutawan Rodolfo Hernandez.

Nah, untuk mengenal lebih dalam dengan presiden Kolombia. Berikut profil dan biodatanya.

Profil Gustavo Petro

Gustavo Petro lahir pada 19 April 1960. Ia berasal dari Cienaga de Oro yang merupakan daerah pedesaan di wilayag Cordoba,kolombia. Kedua Orang Tua Gustavo Petro merupakan Petani. Pada 1970 an Keluarga Petro kemudian pindah ke kota Zipaquira yang terletak di utara ibu kota Bogota. Mereka pindah demi mencari masa depan yang lebih baik disana.

Gustavo Petro memasuki sekolah Colegio de Hermanos de La Salle dan mendirikan surat kabar Crt al Pueblo atau surat untuk Rakyat Setelah lulus ia kemudian memasuki Universidada Externado di Bogota. Disana, Petro menjadi aktivis politk politik dan seorang militan.

Tak hanya itu, Petro juga mendaptkan gelar master ekonomi dari Universidad Javeriana. Pada 1977 ketika masih berkuliah, ia bergabung dengan gerakan M-19, sebuah gerakan revolusioner menentang Koalisi Front Nasional Kolombia yang dituduh melakukan penipuan dalan pemilu 1970. M-19 menjadi gerilyawan perkotaan yang menentang pemerintaan pada masa itu. 

Meski M-19 terlibat dalam pemberontakan berdarah dengan pasukan keamanan negara, Petro disebut tak pernah terlihat di medan tempur. Ia lebih dikenal sebagai seorang pemikir dan ahli propaganda dalam kelompok tersebut. Kareana bertujuan untuk membumikan demokrasi, banyak anggota darii M-19 yang terlibat dalam politik praktis seperti halnya Gusatvo Petro.

Pada 1981, Petro terpilih menjadi ombudsman Zipaquira, di kota tempat kedua orang taunya tinggal sekaligus kota yng telah membesarkanya. dan tiga tahun kemudian, pada 1984, Petro pun terpilih mejadi anggota dewan kota. Saat Petro telah menjadi anggota dewan kota , status politiknya itu tidak cukup memberinya perlindungan dari kejaran tentara. Colombia Reports melaporkan dirinya, Petro awalnya berhasil melarikan diri dengan menyamar sebagai seorang perempuan, lengkap mengenakan gaun dan sepatu hak tinggi.

Namun ia akhirnya tertangkap atas tuduhan kepemilikan senjata api secara ilegal. Petro pun dipenjara 18 bulan dan dipindahkan beberapa kali dari satu penjara ke penjara lain. Saat sudah dibebaskan di penjara pada akhir tahun 1980 an, Petro pun mendirikan partai politik Alianza Democratica M-19 (AD M-19), partai politik untuk menggantikan gerakan gerilawan M-19. 

Pada tahun 2010, Petro ikut kampanye presiden tapi gagal. Satu tahun setelahnya, mantan gerilyawan M-19 itu terpilih sebagai walikota Bogota, salah satu jabatan eksekutif yang bergengsi. Selama menjabat sebagai wali kota, lelaki yang sejak muda telh kerap tampil berkacama itu mendapatkan gangguan dari lawan politiknya. Bahkan dia pernah dipecat dari jabatannya, sebelum akhirnya jabatan itu dikembalikan pada Gustavo Petro lagi.

Biodata Gustavo Petro

Nama: Gustavo Francisco Petro Urrego

Tempat,Tanggal Lahir: Cienaga de Oro, 19 April 1960

Profesi: Presiden Kolombia

Partai: Colombia Humana

Pasangan: Veronica Alcocer Garcia

Anak: Andrea Petro, Sofia Petro, Andres Petro, Antonella Petro, Nicholas Petro

 Nah, itulah informasi terkait profil dan biodata Gustavo Petro. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar