Ad Code

Mengenal Negara Negara DI Benua Amerika yang Dilintasi Garis Khatulistiwa

Garis khatulistiwa atau garis ekuator adalah garis khayal atau imajinasi yang digambarkan tepat ditengah bumi diselang dua kutup dan paralel terhadap poros rotasi bumi.

Fungsi penting Garis khatulistiwa yakni meliputi

A. menjadi acuan dalam membedakan zona iklim yang ada di bumi.

B. memisahkan bumi menjadi dua bagian yaitu bagian Selatan dan Utara.

c. Menjadi patokan untuk menentukan lokasi negara atau tempat.

Negara negara yang dilewati garis khatulistiwa kebanyakan hanya mengalami musim kemarau dan penghujan. Bahkan negara negara tersebut bisa menikmati matahatri sepanjang tahun. Tahu kah kamu ternyata negara yang dilewati garis khatulistiwa tidak hanya Indonesia saja lho. Di negara lain juga ada, Salah satunya negara yang berada di benua Amerika. Apa saja yah kira kira? Yuk simak artikel berikut.

1. Negara Brazil

Brazil merupakan negara dengan populasi terbesar yang terletak di Amerika Selatan. Negara Brasil terletak dibagian timur benua Amerika Selatan yang berbatasan dengan pegununfan Andes.

Brasil dibatasi oleh laut di sebelah timur yaitu Samudra Atlantik. Negara-negara yang bersamaan batasnya dengan daratan Brasil yaitu Uruguay, Argentina, Paraguay, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela, Guyana, Suriname dan département Guyana Perancis, seluruh negara di Amerika Selatan kecuali Ekuador dan Chili.

Secara umum negara ini memiliki iklim tropis karena terletak di garis khatulistiwa dengan sedikit variasi. Sementara itu di selatan, iklimnya semakin sedang namun kadang juga merasakan salju. Curah hujan sangat tinggi di kawasan Amazon sedangkan pada kawasan yang semakin kering bisa ditemukan dikawasan timur.

2. Negara Ekuador

Negara Ekuador merupakan sebuah negara di Amerika Selatan bagian barat laut, berbatasan dengan Kolombia di utara, dengan Peru di timur dan selatan, dan dengan Samudra Pasifik di barat. Negara ini juga termasuk Kepulauan Galapagos di Pasifik, sekitar 965 km sebelah barat daratan utama.

Negara ini terketak pada garis khatulistiwa dan mempunyai wilayah seluas 272.045 km2. Nama negara Ekuador berasal dari bahasa Spanyol yaitu ecuator yang memiliki arti khatulistiwa. Negara Ekuador memiliki iklim tropis dengan musim panas dan hujan di sepanjang tahun.

3. Negara Kolombia

Kolombia merupakan sebuah negara yang terletak di wilayahg barat laut Amerika Selatan. Kolombia berbatasan dengan Laut Karibia di utara dan barat laut; Venezuela dan Brasil di timur; Peru dan Ekuador di selatan; serta Panama dan Samudra Pasifik di barat. Kolombia merupakan negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia setelah Brasil.

Negara Kolombia terletak di garis khatulistiwa terdapat tiga iklim yaitu tropis, musim semi, dan musim dingin di beberapa kota yang ada di Pegunungan Andes. Iklim di negara ini ditentukan dari jaraknya terhadap garis khatulistiwa.

Demikianlah informasi terkait negara negara di benua Amerika yang dilewati garis khatulistiwa. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar