Ad Code

Mengenal Sistem Pendidikan di Negara Brazil

Brasil merupakan negara terbesar di Amerika Selatan dan bebatasan dengan setiap negara di benua selain dari Ekuador dan Chili. Nama Brasil diambil dari nama kayu brasil, sejenis kayu lokal. Brasil adalah tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi yang dipakai negara Brasil adalah bahasa Portugis.

Brasil meraih kemerdekaan nya dari Portugis pada 7 September 1822. Negara ini menjadi wilayah jajahan portugis sejak 1494. Pada 1889, sistem pemerintahan brasil berubah dari monarki menjadi republik.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan memebahas mengenai sistem pendidikan yang berlaku di negara Brasil. Kira kira apa saja yah? Yuk simak ulasan dibawah ini!

Sistem Pendidikan Brasil

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting bagi setiap negara. Hal ini karean Tingkat SDM juga berpengaruh kepada faktor tersebut. Begitu juga negara brasil, para pemerintah negara ini sangat memperhatikan setiap pendidikan masyarakatnya.

Masalah Pendidikan utama yang harus dihadapi oleh pemerintah Brasil adalah rendahnya kesadaran orangtua akan arti pentingnya pendidikan formal bagi anak-anak mereka. Banyak keluarga miskin yang memilih tidak menyekolahkan anaknya, dan lebih senang menyuruh mereka untuk membantu orangtua kerja untuk mencari nafkah. Namun, situasi membaik kemudian berkat program Bolsa Escola, di mana orangtua yang membiarkan anak-anak mereka sekolah menerima tunjangan dari pemerintah, dan juga adanya program FUNDEF yang memungkinkan orangtua menerima dana pemerintah sesuai dengan jumlah anak yang disekolahkan.

Sistem pendidikan di negara ini didasarkan pada konstitusi 1988, yang disorotkan pendidikan sebagai hak universal yang harus dipromosikan dan dilindungi oleh pemerintah. Sistem Pendidikan Brasil mencakup lembaga-lembaga pemerintah (federal, negara-negara bagian dan kotamadya), serta lembaga swasta. Jenjang pendidikan dimulai dari tingkat prasekolah, sekolah dasar (Tingkat Dasar- I Grau), dan tingkat menengah (Tingkat Kedua- II Grau) sampai universitas dan tingkat pasca sarjana.

1. Pendidikan Pra Sekolah

Pendidikan ini dirancang untuk memberikan pembelajaran fisik dan perkembangan intelektual untuk anak anak dibawah usia enam tahun. sistem ini dimuali dengan Undang- Undang Dasar 1988 dan dipupuk oleh kotamadya. Walaupun sudah ditekankan oleh pemerintaah, pelaksanaannya hanya mencapai 17,5 persen dri populasi.

2. Pendidikan Khusus

Pendidikan ini ditawarkan dari prasekolah ketingkat menengah. Dukungan untuk pendidikan khusus disediakan oleh pemerintah negara tersebut.

3. Pendidikan Dasar

Escola De Grau (Sekolah tingkat pertama) ini secara konstitusional wajib bagi siswa berusia 7 sampai 14 tahun. Tujuan utama pendidikan dasar ini adalah untuk mengembangkan membaca, menulis, menghitung, memahami hukum alam dan hubungan sosial dalam masyarakat kontemporer dan untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan menciptakan.

4. Pendidikan menegah

Sekolah menengah merupakan tahap akhir pendidikan dasar dari 1990 hingga 1998, pendaftaran di sekolah menengah hampir dua kali lipat, dari 3.5 million untuk 6,9 juta siswa. Peningkatan rata-rata 11,5 persen.

Tujuan dari pendidikan ini adalah untuk mengkonsolidasikan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya, untuk mempersiapkan siswa sekolah tinggi atau profesi teknis dan untuk mengajarkan siswa bagaimana berhubungan teori untuk berlatih.

5. Pendidikan Tinggi

Negara brasil telah memiliki universitas terhormat dan meluncurkan program besar penghargaan lulus derajat. Sistem universitas terdiri dari publik,Katolik dan lemabaga lembaga swasta. Tujuan pendidikan tinggi diBrasil adalah untuk melaksanakan pengajaran, penelitian, penyuluhan, meskipun pada prinsipnya dilakukan penelitian di lemabga federal.

Universitas juga menawarkan kursus pelatiahan singkat dalam berbagai mata pelajaran dan melayani penduduk serta masyarakat. Sementara itu tujuan utama pendidikan tinggi adalah untuk professional siswa. Terdapat 127 universitas di Brasil, 68 dari umum. dari lembaga pendidkan tinggi, bersifat publik 222.

6. Master

Mestrado berjalan hingga 18 sampai 24  bulan Mestrado program dirujuk sebagai stricto sensu (ketat rasa). Kurikulum berfokus pada teori dan penelitian dan kemampuan yang harus ditunjukkan dalam bahasa asing yang diperlukan. Tesis wajib untuk wisuda.

7. Doktor

Doutorado berjalan hingga 4 tahun. Dalam kebanyakan kasus, Mestre diperlukan untuk pendaftaran. Untuk memilih program, siswa dapat diterima dengan Bacharel. Disertasi atau tesis yang diperlukan untuk wisuda. Doutorado juga dianggap sebagai stricto sensu.

Nah sobat bloger, demikianlah Sistem Pendidikan di negara Brasil. Tertarik untuk menjalani pendidikan disana?

Posting Komentar

0 Komentar