Ad Code

Fakta Kolombia, Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia


Kolombia merupakan sebuah negara yang berada di Kawasan Amerika Selatan yang pernah dikunjungi Salshabilla Adriani. Negara yang beribukota di Bogota ini memiliki masyarakat yang dikenal sebagai orang yang ramah kepada wisatawan asing.

Saking ramahnya, tak sedikit wisatawan asing yang mendapatkan tour guide secara gratis untuk menemani mereka mengelilingi kota. Hal ini sungguh menarik dan menjadi perhatian wisatawan asing untuk mengeksplor lebih alam yang sangat indah di negara ini.

Di balik itu semua, tenyata Kolombia menyimpan fakta unik dan menarik yang jarang diketahui dan mirip dengan negara Yaman. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Negara Penghasil Zamrud Terbesar di Dunia

Zamrud atau batu zamrud merupakan batu mulia atau permata yang berwarna hijau hingga hijau tua. Fakta ini cukup unika karena Kolombia menjadi salah satu negara penghasil zamrud dengan kualitas paling baik di dunia. Namun saat ini, tambang batu itu telah ditutup.

Sejarah mencatat 95% kebutuhan tambang zamrud di dunia berada di Kolombia. Oleh sebab itu, negara ini dikenal dunia sebagai penghasil Zamrud dengan kualitas tinggi.

2. Pemukiman Awal Dunia

Diketahui wilayah Kolombia menjadi gerbang utama lahirnya manusia pertama Meoamerika dan karibia untuk menyebar ke arah lembah Andes dan Sungai Amazon di periode paling awal yaitu periode Paleo Indian sekiyat 18.000 sebelum masehi.

Frander Hermen dalam Jurnalnya yang berjudul Paleogeography, Paleoclimatology and paleoncology tahun 1978 mengungkapkan bahwa penduduk Kolombia sudah hidup sejak 12.500 sebelum Masehi.

3. Asal Usul Nama Kolombia

Nama Kolombia sebenarnya sudah tidak asing lagi sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Saat mendengar nama Christopher Colombus, pasti nama tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, asal usul nama Kolombia diambil dari nama penemu benua Amerika itu.

Nama Kolombia pertama pertama kali diperkenalkan oleh evolusioner Venezuela, yaitu Fransisco de Miranda sebagai penegasan kepada dunia luar akan adanya dunia baru, terutama di bawah kekuasaan Spanyol.

4. Negara dengan Letak Geografis yang Unik

Fakta menarik selanjutnya tentang Kolombia adalah letak geografis negara ini yang memang benar-benar istimewa. Tidak hanya berada di ujung daratan Amerika Selatan. Namun, Kolombia juga berbatasan langsung dengan lima negara sekaligus.

Tidak hanya itu, Kolombia juga menjadi satu-satunya negara di Amerika Selatan yang memiliki dua wilayah, yakni Laut Karibia dan Samudera Pasifik. Bahkan suasana di Kolombia sendiri tidak kalah menakjubkannya.

5. Negara dengan Kekayaan Flora dan Fauna

Dari letak geografisnya tersebut kemudian menjadikan negara ini memiliki beragam jenis flora dan fauna. Salah satu spesies fauna yang populer adalah burung berkoloni. Kolombia dapat dikatakan sebagai sarang tempat burung tersebut.

Berdasarkan riset penelitian menunjukkan bahwa terdapat sekitar 1.876 spesies burung yang tinggal di Kolombia. Adapun 186 spesiesnya adalah burung yang berstatus langka. Dengan berkunjung ke Kolombia, kamu akan menikmati keindahan dari Canyon Chicamocha, taman nasional Los Nevados, Las Gachas hingga Guatape.

Demikianlah fakta Kolombia, negara yang dikenal memiliki biaya hidup termurah di dunia. Semoga ulasan ini bermanfaat, dan terimakasih sudah membaca sampai selesai.

Posting Komentar

0 Komentar