Ad Code

Fakta Menarik Jamaika, Negara Tempat Kelahiran Musik Reggae


Jamaika merupakan sebuah negara pulau yang terletak di laut Karibia, benua Amerika Tengah. Negara ini pada urutan pulau terbsear setelah Kuba dan Hispaniola laut Karibia bagian Amerika Tengah Negara-negara tetangganya ialah Kuba, Haiti, Dominika yang terletak di sebelah utara dan Hondarus, Nikaraguai, Kosta Rika, dan Panama yang terletak di sebelah selatan.

Negara Jamaika memiliki luas wilayah sebesar 10.991 Km2 dengan jumlah penduduk mencapai 2.812.090 jiwa dan mayoritas penduduknya adalah etnis kulit hitam, yaitu sekitar 92,1%. Jamaika yang secara astronomis terletak di antara 17o-19oLU dan 76o-79oBB ini ditemukan oleh Christipher Columbus pada tahun 1494.

Sama seperti negara lain di Benua Amerika, Jamaika juga memiliki fakta unik dan menarik yang jarak diketayi orang-orang. Lantas apa sajakah fakta fakta dari negara Jamaika? Penasaran? Yuk simak ulasanya dibawah ini!

1. Tempat Kelahiran Bob Marley dan Reggae

Berbicara tentang negara Jamaika, maka tak asing lagi saat mendengarkan sosok nama Bob Marley dan musik Reggaenya. Melalui lirik lagunya yang menginspirasi maka tak heran jika banyak orang yang akhirnya mengidolakan Bob Marley, bahkan ia sudah dianggap sebagai bapak reggae. Musik Raggea sendiri merupakan musik yang sudah populer sejak akhir tahun 1960-an di Jamaika.Pada awal kemunculannya, reggae bergerak cepat mendominasi permusikan di negara itu.

Reggae berkembang semakin besar dan Bob Marley menjadi bintang reggae terbsear yang tidak tergantikan. Akibatnya perkembangannya yang pesat, kemudian muncul gerakan yang didorong musik reggae, yaitu Rastafarian. Tujuannya adalah persamaan hak dan keadilan.

2. Negara Penghasil Kopi Terenak dan Termahal

Jamaika juga merupakan negara penghasil kopi terenak dan termahal di dunia, Kopi Jamaika Blue Mountain adalah jeniis kopi terbaik dari negara tersebut dan harganya cukup mahal yaitu per kilo dijual seharga USD 30. Kopi ini juga paling dicari dunia, dikenal karena proses panen yang sangat cermat dan hati-hati. Kopi Jamaika Blue Mountain memiliki citarasa asem segar tipis, aroma bunga, body yang ringan dengan aftertaste rasa buah menyegarkan. Nah, bagaiman tertarik untuk mencoba?

3. Penghasil Pisang.

Selain kopi negara ini juga penghasil pisang, bahkan negara jamaika menjadi pelopor perdagangan pisang di Karibia. Tak heran jika hingga saat  ini Jamaika menjadi eksportir pisang terbesar didunia.

4. Populasi Rastafarian yang Sedikit

Rastafarian adalah suatu julukan untuk kelompok atau orang yang berambut gimbal di Jamaika. Namun, walapun negara Jamaika menjadi awal dari pergerakan gaya rambut seperti ini ternyata populasi atau kelompok Rastafarian di negara ini sangatlah kecil yaitu sekitar 1,1 persen.

5. Sebagai Negara Multi Agama

Jamaika tak hanya terkenal karena prestasi atletiknya di kancah internasional namun Negara yang satu ini juga dikenal memiliki temppat yang multi agama. Hal tersebut terbukti dengan mudahnya kita bisa menemukan representasi suatu agama di Jamaika, mulai dari agama Pentakosta, Katolik, Islam, Hindu, Mormon, hingga agama lainnya yang ada di Jamaika.

Nah, demikianlah beberapa fakta menarik seputar negara Jamaika. Semoga ulasan kami bermanfaat yah!

Posting Komentar

0 Komentar