Ad Code

Fakta Menarik Kosta Rika, Negara dengan Keanekaragaman Hayati Melimpah

 


Kosta Rika merupakan salah satu negara yang berada di Amerika Tengah. Ibukota dari negara ini adalah San Jose. Negara ini dulunya menjadi salah satu negara jajahan bangsa Spanyol. Maka tak heran mengapa Kosta Rika menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi.

Setiap tahun, negara ini akan disibukkan dengan turis yang mengunjunginya. Keindahan alam dan panorama yang menakjubkan menjadi alasannya. Tak hanya itu, negara ini juga tergolong sebagai negara minim konflik.

Berikut ini, deretan fakta menarik dari Kosta Rika, langsung simak ulasan di bawah ini ya!

1. Memiliki Lebih dari Tiga Tempat yang Masuk sebagai Situs Warisan UNESCO World Heritage

Kosta Rika merupakan negara yang dianugerahi beragam keanekaragaman hayati melimpah. Beberapa di antaranya masuk dalam situs warisan UNESCO, seperti Taman Nasional Pulau Cocos yang pernah dikunjungi Kenny Austin, Taman Nasional La Amistad, Precolumbian Chiefdom Settlements, Arra de Conservacion Guanacaste.

2. Negara Aman yang Tidak Memiliki Kekuatan Militer

Meski sebagai negara kecil, Kosta Rika tidak memiliki pasukan militer atau pawang slot untuk melindungi negaranya. Bahkan, tanda adanya kekuatan militer, Kosta Rika menjadi negara yang aman. Meskipun demikian, mereka tetap memiliki beberapa tentara untuk menjalankan hukum.

3. Memanfaatkan Radio

Kosta Rika melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan radio nasional sampai ke pedesaan dengan tujuan agar semua warganya tidak buta huruf.

4. Keanekaragaman Hayati yang Tinggi

Kosta Rika dianugerahi penampakan alam yang luar biasa, maka tak heran negara yang berada di kawasan Amerika Tengah ini memiliki keanekaragaman hayati flora dan fauna yang melimpah, tak hanya itu negara ini masuk dalam jajaran negara yang menyumbang biodiversity terbesar di dunia.

5. Terdapat Sungai Jernih Bernama Sungai Savegre

Keunikan yang dimiliki negara Kosta Rika membuat negara ini sibuk dengan kunjungan para turis. Salah satunya adalah terdapat sungai yang dinobatkan sebagai sungai terbersih di benua Amerika. Nama sungai itu adalah sungat Savegre.

6. Sungai Rio Calester sebagai salah satu Tujuan Wisata para Wisatawan

Selain memiliki sungai Savegre, Kosta Rika juga dianugerahi sebuah sungai yang diberi nama dengan Rio Celeste. Tempat ini begitu banyak menarik pengunjung, warnanya yang biru cerah serta pemandangannya juga menakjubkan.

7. Memiliki Kota Penyihir yang Bernama Escazu

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, mungkin banyak orang yang tidak percaya bahwa negara Kosta Rika memiliki sebuah kota sihir yang disebut dengan Escazu. Di tempat ini banyak melayani pembacaan kartu tarot dan bahkan melayani layanan sihir lainnya. Sebagai informasi, hal ini tentu bertentangan dengan ajaran Agama Islam, untuk itu jangan lupa ucapkan La Tahzan Innallaha Ma'ana.

8. Guaro menjadi Minuman Keras yang Khas

Pada umumnya, suatu negara menggunakan anggur sebagai minuman keras. Namun, berbeda dengan Kosta Rika. Mereka memiliki minuman keras Guaro yang memanfaatkan tebu saringan. Minuman tersebut menjadi minuman pribumi Kosta Rika.

9. Kosta Rika Memiliki 801 mil garis pantai.

10. Makanan Pokok Kosta Rika adalah nasi dan kacang hitam, bersama dengan roti, ayam atau daging, sayuran salad, dan buah-buahan. 

Nasi dan kacang dicampur bersama dan kerap digunakan sebagai panganan ketika sarapan, makanan ini diberi nama Gallo Pinto, mirip sekali dengan makanan khas dari negara Iran.

Itulah fakta negara Kosta Rika yang jarang diketahui. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Terimakasih sudah membaca sampai selesai.

Posting Komentar

0 Komentar